Inilah Fungsi dan Manfaat Asuransi

Fungsi dan manfaat asuransi perlu diketahui agar dapat memilih jenis asuransi yang tepat sesuai kebutuhan.

Jasa asuransi termasuk dalam kegiatan usaha jasa keuangan di Indonesia yang berada di bawah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Baca artikel tentang perusahaan asuransi terdaftar OJK yang wajib kamu ketahui.

Perlu diketahui bahwa OJK merupakan Lembaga independent yang melakukan fungsi, tugas dan wewenang dalam pengaturan, pengawasan, pemeriksaan dan penyidikan. Hal ini tercantum dalam Undang-Undang No. 21 Tahun 2011 tentang OJK.

Fungsi Asuransi

Asuransi merupakan salah satu cara paling efisien untuk mengalihkan beban risiko yang dihadapi masyarakat kepada Perusahaan Asuransi (Risk Transfer Mechanism). Berikut manfaat asuransi untuk proteksi yang perlu kamu ketahui di artikel yang kami rekomendasikan.

Fungsi utama asuransi, Risk Transfer Mechanism, merupakan sarana efisien bagi masyarakat untuk mengalihkan beban risiko yang dihadapi kepada perusahaan asuransi dengan cara membeli asuransi sesuai polis yang dibutuhkan.

Berikut 5 fungsi utama asuransi, antara lain:

  1. Mengalihkan Risiko

Saat musibah menimpa, siapapun tidak bisa menghindar. Asuransi dapat berfungsi untuk mengalihkan risiko. Anda dapat mengajukan klaim atau mendapatkan ganti rugi saat mengalami peristiwa yang merugikan. Semua kerugian yang timbul dapat tercover dengan baik oleh asuransi.

  1. Investasi

Asuransi dapat berfungsi sebagai sarana investasi karena dana yang dihimpun dari nasabah akan dikembangkan oleh pihak asuransi. Hal ini dapat menghemat biaya premi setiap bulannya. Selain memberikan rasa aman dan nyaman, pada akhirnya juga dapat mengambil dana yang terkumpul dari premi yang dibayarkan setiap bulannya.

  1. Jaminan Keseimbangan Premi yang Dibayarkan dengan Perlindungan

Fungsi asuransi selanjutnya yaitu memberikan keseimbangan antara premi yang dibayarkan dengan perlindungan. Nantinya akan diberikan apabila nasabah mengalami peristiwa yang merugikan. Semua risiko yang dialami akan dikalkulasikan dengan premi yang dibayarkan.

  1. Melindungi Risiko Kebangkrutan

Manfaat asuransi untuk proteksi atau dengan kata lain dapat mencegah terjadinya kebangkrutan sehingga dapat melindungi nasabah berdasarkan permi dibayarkan setiap bulan.

  1. Membantu Perbaikan Perekonomian Nasional

Asuransi memiliki andil yang cukup besar terhadap perekonomian nasional. Semakin baik pertumbuhan ekonomi, maka semakin baik pula taraf hidup masyarakatnya.

Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenisnya

Secara umum, manfaat asuransi yaitu menggantikan kerugian finansial atas risiko tidak terduga yang dijaminkan. Berikut ini manfaat asuransi berdasarkan jenisnya, antara lain:

  1. Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan merupakan jenis asuransi yang paling familiar di Indonesia. Fungsinya yaitu memberikan pertanggungan atas biaya perawatan kesehatan. Termasuk di dalamnya seperti rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, pembedahan, dan lain sebagainya sesuai polis yang dipilih.

Hal ini penting dimiliki setiap orang, mengingat biaya perawatan kesehatan di rumah sakit setiap tahunnya naik sekitar 11 persen. Dengan adanya asuransi Kesehatan tersebut, nantinya Anda akan dapat memanfaatkannya untuk membiayai proses perawatan kesehatan.

  1. Manfaat Asuransi Jiwa

Manfaat asuransi jiwa yaitu memberikan santunan atas risiko cacat permanen atau meninggal dunia. Hal ini sangat dibutuhkan oleh setiap keluarga. Misalnya saat orang yang diasuransikan meninggal dunia, keberlangsungan hidup orang yang ditinggalkan belum tentu terjamin.

Oleh sebab itu, asuransi jiwa mampu mencovernya. Santunan tunai dapat dicairkan hingga ratusan juta, tergantung tingkat risiko yang dialami oleh nasabah.

Perusahaan Asuransi Terdaftar OJK

Perusahaan Asuransi merupakan korporasi yang memberikan jasa pertanggungan risiko yang dapat mengganti rugi setiap kerusakan, kerugian, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung atau pemegang polis diakibatkan oleh suatu peristiwa yang tidak pasti.

Berikut ini daftar perusahaan asuransi terdaftar OJK, antara lain:

Perusahaan Asuransi Jiwa

  1. Central Asia Financial
  2. AXA Financial Indonesia
  3. Asuransi Jiwa Taspen
  4. Asuransi Jiwa IFG
  5. Asuransi BRI Life
  6. Heksa Solution Insurance
  7. Asuransi Jiwa Sequis Financial
  8. Asuransi Jiwa Sequis Life
  9. Bhinneka Life Indonesia
  10. Equity Life Indonesia

Perusahaan Asuransi Umum dan Reasuransi

  1. Asuransi Samsung Tugu
  2. Kookmin Best Insurance Indonesia
  3. Asuransi Bina Dana Arta Tbk.
  4. Asuransi Multi Artha Guna Tbk.
  5. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967
  6. Great Eastern General Insurance Indonesia
  7. Reasuransi Indonesia Utama (Persero)
  8. Reasuransi Maipark Indonesia
  9. Asuransi Harta Aman Pratama Tbk.
  10. BRI Asuransi Indonesia

Daftar nama di atas merupakan perusahaan asuransi terbaik dengan penyampaian laporan keuangan bulanan Januari 2022 tercepat dan lengkap menurut OJK. Silakan tentukan pilihan asuransi yang tepat bagi kebutuhan Anda. Agar jika nantinya terjadi hal yang tidak diinginkan dapat direcovey oleh pihak asuransi tersebut. Demikian informasi mengenai fungsi dan manfaat asuransi. Terima kasih.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Inilah Fungsi dan Manfaat Asuransi yang dipublish pada 24 Juni 2022 di website JatimPlus.id

Leave a Comment