2 Cara Memindahkan File ke Google Drive Dengan Aman

Cara Memindahkan File ke Google Drive – Jika memori HP maupun laptop dirasa sudah mau full, pindahkan file tersebut ke Google Drive. Karena menyimpan data dokumen penting aman disana. Ada dua cara memindahkan file ke Google Drive, yaitu dari HP dan Laptop.

File disini beragam, bisa foto, dokumen, video, ataupun kontak orang penting disimpan dengan aman disana. Berikut cara memindahkan file ke google drive yang simple:

Memindahkan File dari HP ke Google Drive

cara memindahkan file ke google drive
cara memindahkan file ke google drive

Cara pertama yaitu jika ingin memindahkan file dari HP ke Google Drive. File disini berupa foto, dokumen, video atau data penting lainnya. Tujuan dipindahkan file penting ke Google Drive adalah menghindari kehilangan data penting yang belum sempat tersimpan.

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui langkahnya:

Baca juga : Cara Memperbaiki Youtube yang Tidak Bisa Memutar Video

  • Silakan masuk terlebih dahulu ke Google Drive yang sudah ada bawaan dari setiap jenis smartphone nya.
  • Lalu buatlah folder. Tujuannya untuk memudahkan nantinya mencari file sesuai namanya. Untuk membuat folder baru bisa dicari yang memiliki tanda plus (+) terletak pada bagian kanan bawah. Klik tombol tersebut.
  • Setelahnya klik folder foto/dokumen/video jika ingin memindahkan foto ke Google Drive.
  • Selanjutnya jika sudah, klik tombol tanda plus (+) yang terletak di bagian kanan pojok bawah.
  • Klik tombol Upload.
  • Berikutnya carilah file foto/dokumen/video yang ingin dipindahkan tersebut.
  • Langkah terakhir adalah klik tombol buka yang terletak pada kanan pojok atas. Lalu tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai.
  • Lakukan juga pengecekan rutin untuk menghindari pencurian data. Lalu lakukan pembersihan berkala, karena kapasitas memori yang dimiliki Google Drive hanya 15GB.

Memindahkan File dari Laptop ke Google Drive

Cara kedua yaitu memindahkan file dari laptop ke Google Drive. Hampir sama cara pemindahannya dari HP ke Google Drive. Hanya berbeda sedikit karena jenis tampilan yang dimunculkan berbeda tergantung dari ukuran layarnya.

Simak penjelasan berikut jika ingin tahu cara memindahkan file ke Google Drive jika dari laptop:

Baca juga : Cara Memindahkan Lagu dari Youtube ke Musik

  • Pertama, sama seperti cara pertama. Silakan masuk atau buka Google Drive. Buka terlebih dahulu Mozilla atau Chrome, lalu buka email untuk masuk ke Google Drive. Klik icon titik tiga berbentuk kubus.
  • Klik icon tersebut dan cari nama Drive untuk simpan dokumen. Jika ingin menyimpan kontak, bisa klik pilihan menu dengan nama Kontak.
  • Langkah kedua setelah masuk ke halaman utamanya Google Drive adalah pilih dan klik icon plus (+). Tujuannya untuk membuat folder agar lebih rapi untuk dilihat dan memudahkan mencari data penting nantinya.
  • Nanti akan diminta untuk membuat nama folder tersebut. Jika sudah dibuat nama foldernya, klik tombol Buat.
  • Berikutnya adalah langsung pindahkan file tersebut ke folder yang baru saja dibuat. Caranya buka file yang tersimpan di laptop tersebut. Lalu blok filenya agar instan langsung sekali banyak.
  • Jika sudah di blok filenya, kecilkan ukuran jendela folder laptop dan ukuran jendela Mozilla maupun Chrome nya. Lalu tarik file yang sudah di blok tersebut dengan klik tombol kiri.
  • Hal yang perlu diperhatikan adalah jika folder yang ditemui memiliki label yang sama, secara otomatis Google Drive akan melakukan pembaruan. Pembaruan folder lama dengan yang baru.
  • Terakhir hanya tunggu hingga proses upload file selesai.

Demikianlah cara memindahkan file ke Google Drive yang bisa dicoba langsung. Tidak perlu khawatir karena penyimpanan yang tersedia dari Google Drive adalah sebesar 15GB.

Lumayan besar untuk memindahkan file dengan ukuran kecil seperti dokumen dan foto. Jika data di laptop atau HP hilang, bisa dicari di Google Drive.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 2 Cara Memindahkan File ke Google Drive Dengan Aman yang dipublish pada 30 Oktober 2023 di website JatimPlus.id

Leave a Comment