Kartu Indosat Tidak Bisa Terima SMS, Ini Penyebab dan Solusinya

Indosat Tidak Bisa Terima SMS – Indosat merupakan salah satu provider di Indonesia yang banyak digunakan masyarakat. Sama halnya provider yang lain, tidak menutup kemungkinan provider inipun mengalami kendala. Salah satunya tidak bisa menerima sms. Apa penyebab dan bagaimana solusinya jika hal tersebut terjadi? Berikut Penyebab sekaligus solusi kartu indosat tidak bisa terima sms:

6 Solusi Kartu Indosat Tidak Bisa Terima SMS

Sinyal Terganggu dan Tidak Stabil

Hal yang paling umum terjadi dari kartu indosat tidak bisa terima sms adalah karena permasalahan sinyal dan jaringan. Tidak semua tempat memiliki sinyal jaringan indosat yang baik dan stabil. Terkadang sinyal buruk dan pengguna harus mencari tempat yang lebih tinggi agar mendapatkan sinyal yang bagus.

Jika ini terjadi pada pengguna, pengguna dapat merestart terlebih dahulu dan pastikan memilih jaringan secara otomatis. Jika sinyal tidak juga bagus dan stabil, pengguna dapat berpindah tempat dan carilah tempat yang lebih tinggi seperti di lantai 2. Juga pastikan untuk menghindari tempat yang tertutup.

Nomor Sudah Tidak Aktif

Jika nomor kartu indosat pengguna sudah tidak aktif, tentu saja tidak akan bisa mengirim dan menerima sms. Hal ini juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk itu pengguna perlu memeriksa apakah nomor kartu indosat masih aktif atau tidak. Pengguna dapat mengeceknya di menu dial up atau di aplikasi MyIM3.

Jika tidak memiliki aplikasi myIM3, caranya pun cukup mudah. Masuk ke menu dial up kemudian tekan *123# lalu panggil. Selanjutnya akan tampil beberapa pilihan menu. Pilih menu status dan info, lalu pilih cek status. Setelah itu akan muncul informasi status masa aktif kartu dan sampai kapan kartunya aktif.

Baca juga : Software Cloning Hardisk

Terjadi Masalah pada Perangkat Lunak HP

Tidak dapat menerima pesan juga bisa saja karena perangkat ponsel pengguna rusak atau bermasalah. Untuk mengetes apakah HP benar-benar rusak, pengguna dapat memindahkan dan memasang kartu sim pada perangkat HP yang lain. Setelah itu coba kirimkan sms pada nomor kartu indosat tersebut.

Jika pada perangkat HP lain dapat menerima pesan, maka perangkat HP pengguna lah yang menjadi masalahnya. Maka pengguna harus membawanya untuk diperbaiki di service center. Akan tetapi jika di perangkat HP lain tidak bisa menerima sms juga, berarti kemungkinan masalah ada di kartu indosat.

Memori Penyimpanan Penuh

Penyebab selanjutnya termasuk banyak dialami oleh para pengguna perangkat HP dengan minim penyimpanan. Memori penyimpanan penuh ini kerap terjadi karena banyaknya data yang digunakan di dalam HP. Juga karena pengguna tidak rajin membersihkan file-file sampah yang tidak bermanfaat.

Untuk itu, solusi tepat untuk penyebab ini adalah dengan membuang file-file sampah yang tidak berguna. Atau dapat juga menghapus foto, video yang tidak terlalu dibutuhkan. Menguninstall aplikasi yang tidak begitu penting dan jarang dipakai juga dapat mengembalikan memori HP cukup besar.

Baca juga : Software Edit Video Terbaik

Nomor SMSC Tidak Sesuai

Nomor pusat pesan atau SMSC berperan besar dalam kesuksesan menerima dan mengirim pesan. SMSC seharusnya sudah terpasang secara otomatis ketika pengguna memasang kartu indosat pada HP. Akan tetapi terkadang ada kendala sehingga pengguna harus memasukkan nomor tersebut secara manual.

Ketik *#*#4636#*#* kemudian pilih informasi telepon / device information. Scroll ke bawah, cari SMSC dan pilih. Masukkan nomor SMSC indosat yaitu +62816124 / +62855000000. Selanjutnya klik perbarui / update. Terakhir refresh HP pengguna. Lalu cek apakah sudah bisa menerima sms atau belum.

Pembaruan Jaringan SIM menjadi 4G

Penyebab yang terakhir bisa juga karena pengguna baru meningkatkan jaringan dari 3G menjadi 4G. Proses ini biasanya memerlukan waktu kurang lebih sampai 24 jam. Dalam proses ini, semua layanan yang berkaitan dengan nomor kartu indosat akan mengalami gangguan selama satu hari penuh.

Tidak bisa menerima sms juga merupakan salah satu kendalanya. Agar kartu indosat dapat digunakan seperti biasa lagi, pengguna dapat menunggu sampai proses pembaruan jaringan benar-benar selesai. Setelah 24 jam / sehari penuh, pengguna cukup merestart ulang HP sebelum menggunakannya.

Itulah beberapa penyebab sekaligus solusi kartu indosat tidak bisa terima sms seperti biasa. Dari 6 penyebab di atas, nomor SMSC tidak sesuai atau salah adalah penyebab yang paling banyak terjadi. Untuk itu catat nomor SMSC indosat diatas dan coba lakukan langkah-langkah untuk mengatasinya.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kartu Indosat Tidak Bisa Terima SMS, Ini Penyebab dan Solusinya yang dipublish pada 11 Mei 2022 di website JatimPlus.id

1 Comment

  1. Wahyu
    22 Agustus 2022

    Kartu Indosat Ooredoo tidak bisa menerima pesan

Leave a Comment