6 Rekomendasi Software Cloning Hardisk Gratis, Dijamin Data Aman

Software Cloning Hardisk – Hard disk merupakan hal yang penting dalam rangkaian komputer. Selama ini hardisk digunakan untuk menyimpan beragam data. Mulai dari dokumen pekerjaan, foto, video, musik dan sebagainya. Tapi bagaimana jika hardisk error dan data hilang? Untuk menghindarinya, pengguna harus menyalin data terlebih dahulu. Berikut 6 rekomendasi software cloning hardisk.

6 Rekomendasi Software Cloning Hardisk Gratis

Clonezilla

Clonezilla
Clonezilla

Clonezilla merupakan software yang open source untuk cloning hard disk. Dalam proses duplikatnya, software ini adalah satu jenis software yang dapat di boot. Hampir sama halnya dengan menginstal sistem operasi, file unduhan ISO image ini cukup dimuat ke flash drive atau di unzip ke flash drive.

Proses cloning hardisk dengan clonezilla ini terbilang cukup sulit dan rumit. Akan tetapi, cara ini dapat dibilang salah satu cara yang paling aman dalam penduplikatan hard disk. Pengguna hanya perlu mengikuti langkah-langkah petunjuknya dengan benar. Maka proses cloning akan terasa mudah.

Acronis

Acronis
Acronis

Software cloning hardisk kedua yaitu Acronis atau Direktur Disk Acronis. Software ini tidak hanya dapat menyalin data saja. Pengguna juga dapat melakukan tindakan lain seperti membuat, melabeli partisi, memisahkan, memformat disk, mengubah ukuran, menggabungkan volume dan tindakan lainnya.

Selain itu, aplikasi ini juga tidak hanya dapat mereplikasi drive saja. Akan tetapi dapat juga mereplikasi sistem operasi komputer, patch, dan software. Hal inilah yang memungkinkan pengguna untuk menduplikasi konfigurasi dua atau lebih PC sehingga sistem dapat diatur secara sama semuanya.

Baca juga : Software Edit Video Terbaik

Clone Disk

Clone Disk
Clone Disk

Membuat cloning hardisk dari keseluruhan hardisk akan terasa mudah dengan aplikasi ini. User Interface yang friendly menampilkan semua drive dan partisi yang terhubung. Opsi cloning hardisk berada di sisi kanan user interface. Pengguna hanya perlu mengklik dan memilih drive mana yang akan di cloning.

Pilih partisi atau drive yang akan di cloning. Kemudian pilih opsi clone disk. Lalu pilih drive tujuan dimana hasil cloning akan disimpan. Pastikan ukuran partisi atau drive sumber lebih kecil dari drive target. Jika tidak sesuai, maka kesalahan akan muncul dan dapat merusak sistem operasi pada komputer tersebut.

EaseUS Todo Backup

EaseUS Todo Backup
EaseUS Todo Backup

Selanjutnya ada EaseUS Todo Backup. Aplikasi ini tentunya dapat digunakan secara gratis. Fungsinya hampir sama dengan software cloning hardisk lain yaitu dapat melakukan cloning dari berbagai macam data seperti foto, musik, video. Pengguna juga dapat melakukan duplikat pada sistem dan partisi.

Software ini dibilang software cloning terbaik karena dapat mengkloning hardisk ukuran kecil ke hardisk yang lebih besar. Fungsi EaseUS Todo Backup juga dapat memulihkan data yang dihapus dan membuat backup pada sistem. Selain itu, proses cloning bisa dilakukan per partisi atau seluruh partisi di hardisk.

Baca juga : Cara Menambah Follower Channel Telegram

AOMEI Backupper

AOMEI Backupper
AOMEI Backupper

Aplikasi AOMEI Backupper merupakan aplikasi cloning hardisk yang sangat fungsional dan menyediakan banyak fitur secara gratis. Fungsi utamanya adalah untuk melakukan cloning data dari hardisk menuju SSD yang ukurannya lebih kecil. Software ini juga dapat melakukan duplikat untuk file kunci.

Selain itu, AOMEI Backupper memungkinkan pengguna untuk mentransfer operating system ke hardisk lain tanpa harus menginstalnya lagi. Layanan dari aplikasi ini tersedia untuk OS Windows 8 dan Windows 10. Dengan aplikasi ini juga pengguna dapat mengakses data penting dengan akun cloud.

[email protected] Disk Image

Active@ Disk Image
[email protected] Disk Image

[email protected] Disk Image merupakan salah satu aplikasi untuk menduplikat hardisk yang cukup praktis. Dapat membantu pengguna dalam membuat salinan berupa HDD, Blu-ray, SSD, USB, dll lalu menyimpannya  ke dalam folder. Software ini juga bisa dipakai untuk upgrade PC, backup, duplikasi disk dan yang lainnya.

Layanan dari fitur [email protected] Disk Image mendukung sistem operasi Windows XP, 7, 8, 10 Vista, Server 2003 dan 2012. Pengguna dapat bebas memasang image apapun sebagai drive virtual. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengkompres gambar serta salinan partisi disk hanya berisi sektor yang ditempati.

Itulah beberapa rekomendasi software cloning hardisk gratis yang pastinya membuat data pengguna aman. Untuk para pengguna yang hanya ingin menduplikat data pribadi saja, sebaiknya pilih software gratis diatas. Akan tetapi jika kebutuhan cloning lebih luas, maka software berbayar bisa menjadi pilihan.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar