Wajib Coba 5 Software Rekaman PC yang Ringan dan Gratis

Software rekaman PC atau screen recording yang kian hari semakin menjamur memudahkan pengguna untuk merekam layar. Selain itu juga dapat merekam suara di laptop saat aplikasi berjalan. Namun tidak semua aplikasi rekaman layar juga dapat melakukan perekaman audio di waktu bersamaan.

Biasanya jika menggunakan aplikasi perekaman layar dapat merekam seluruh aktivitas yang terjadi pada monitor. Mulai dari pergerakan kursor ataupun pengetikan yang sedang dilakukan oleh pengguna laptop atau PC. Menariknya lagi, kini telah tersedia berbagai aplikasi rekaman PC dapat digunakan secara gratis serta pastinya lebih mudah dan ringan, seperti berikut ini:

5 Software Rekaman PC yang Ringan dan Gratis

Obs Studio

Obs Studio
Obs Studio

Urutan pertama software rekaman PC adalah Open Broadcaster Software. Keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan aplikasi yang satu ini ialah bisa melakukan streaming dengan resolusi tinggi tanpa adanya batasan waktu. Selain itu, pengguna bisa memilih merekam keseluruhan layar atau hanya sebagian saja. Berikut urutan langkah penggunaannya:

  • Pertama, untuk melakukan perekaman pengguna bisa melakukan pengontrolan dengan mengklik tombol pintas.
  • Serta bisa dengan mengklik mixer audio agar menghasilkan kualitas video berupa suara yang lebih jernih. Ataupun bisa langsung menyambungkan ke berbagai situs online untuk melakukan live streaming.

Baca juga : Software PDF Terbaik

Aplikasi Ezvid

Aplikasi Ezvid
Aplikasi Ezvid

Aplikasi Ezvid sebenarnya tidak jauh berbeda dengan filmora scrn yang seringkali dijumpai. Hanya saja, aplikasi yang satu ini muncul dengan tampilan yang lebih sederhana. Berikut urutan langkah penggunaan software rekaman PC Ezvid untuk memulai perekaman layar di pc:

  • Buka aplikasi lalu pilih pada menu Project Manager untuk mempermudah proses perekaman layar dengan klik tombol start.
  • Pada menu ini juga bisa melakukan pengeditan video. Menariknya lagi, aplikasi ini dapat menggunakan suara sintetis dalam membacakan teks bagi pengguna yang kurang percaya diri dengan suara asli.

Free Screen Video Recorder

Free Screen Video Recorder
Free Screen Video Recorder

Menggunakan Free Screen Video Recorder untuk rekaman layar terbilang ringan. Kelebihannya tersedia berbagai fitur yang lengkap bagi pengguna. Selain untuk rekaman layar, aplikasi yang satu ini juga seringkali digunakan untuk melakukan wawancara Skype ataupun konferensi secara online. Berikut urutan langkah pemakaiannya:

  • Buka aplikasi Free Screen Video Recorder kemudian klik fitur editor gambar dasar.
  • Mulailah melakukan perekaman layar dengan memilih berbagai kualitas gambar yang tersedia. Ada beberapa mode variasi merekam layar maupun video yang bisa disimpan dalam format JPEG, MP4, BMP dan masih banyak lagi.

Baca juga : Cara Setting Proxy Telegram

Free Cam

Free Cam
Free Cam

Bisa dikatakan jika Free Cam termasuk salah satu software rekaman PC yang cukup sederhana. Umumnya terdapat berbagai editor audio bawaan yang telah tersedia dari pengembang. Hal ini menyebabkan rekaman layar dapat mudah untuk dilakukan melalui tampilan antarmuka free cam. Berikut langkah penggunaannya:

  • Buka aplikasi dan klik pada menu start untuk mulai melakukan perekaman. Ada fitur jeda yang disediakan apabila hendak berhenti merekam untuk sementara.
  • Memilih resolusi tinggi untuk rekaman layar sangat memungkinkan bagi pengguna. Setelah selesai, pengguna dapat menyimpan video dengan format WMV.

Aplikasi Tiny Take

Aplikasi Tiny Take
Aplikasi Tiny Take

Aplikasi rekaman PC urutan terakhir adalah Tiny Take yang berukuran ringan sekitar 50 MB( serta pastinya mudah untuk digunakan. Selain dapat merekam layar, aplikasi ini memudahkan pengguna untuk membagikannya di jejaring sosial. Berikut langkah cara pemakaian aplikasi Tiny Take:

  • Hampir sama seperti aplikasi lainnya, untuk mulai merekam layar hanya perlu klik tombol start dan diakhiri finish.
  • Pembuatan anotasi file juga cukup mudah karena hanya perlu menambahkan grafik serta driver lokal. Sayangnya, aplikasi ini hanya disediakan dengan durasi 5 menit untuk pemakaian gratis.

Itulah beberapa rekomendasi software rekaman PC yang ringan dan gratis. Aplikasi ini sangat berguna bagi para YouTuber maupun pecinta game dalam menyalurkan hobi. Selamat mencoba.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar