6 Software Animasi 3D Arsitektur Terbaik, Mahasiswa Arsitektur Wajib Tahu

Software Animasi 3D Arsitektur – Perkembangan teknologi memudahkan segala sesuatu termasuk pekerjaan para arsitek. Dahulu arsitek harus menggambar sketsa denah dan model bangunan secara manual. Tapi kini sudah hadir banyak software yang bisa membantu membuat desain baik 2D maupun 3D. Berikut ini software animasi 3D arsitektur terbaik yang calon arsitektur wajib tahu.

6 Software Animasi 3D Arsitektur Terbaik

AutoCad Architecture

AutoCad Architecture
AutoCad Architecture

Software satu ini masih menjadi software animasi 3D arsitektur terbaik nomor 1 yang menjadi favorit para arsitektur profesional. Desain rumah yang berkualitas akan dihasilkan oleh aplikasi ini. Autocad architecture dapat mendesain gambar dengan cepat, akurat dan detail sehingga klien merasa puas.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat menggambar detail rumit dengan akurasi yang tinggi dan terukur. Selain itu pengguna dapat mencetak desain yang super kecil tanpa harus membuatnya kembali. Tapi sayangnya Autocad architecture ini terbilang sedikit lebih mahal dibanding yang lainnya.

Virtual Architect Home Design

Virtual Architect Home Design
Virtual Architect Home Design

Aplikasi Virtual Architect Home Design dapat membuat desain bangunan yang berkualitas. Banyak kelebihan software satu ini, salah satunya adalah membuat desain terlihat sangat modern. Tampilan aplikasi ini tersedia dalam bentuk 3D dengan tools yang lengkap dan mudah untuk digunakan.

Kemudahan penggunaan virtual architect home design ini bukanlah hanya untuk para arsitek profesional. Para mahasiswa dan calon arsitek pun dapat mengoperasikannya. Tutorial gratis yang terdapat dalam aplikasi ini membuat pemula yang bukan dari jurusan arsitek dapat menggunakannya.

Baca juga : Indosat Tidak Bisa Terima SMS

Sweet Home 3D

Sweet Home 3D
Sweet Home 3D

Selanjutnya software animasi 3D arsitektur terbaik adalah sweet home 3D. 3D pada aplikasi ini dapat membuat desain hunian terlihat mirip seperti rumah sesungguhnya. Tampilannya yang berkualitas dan modern membuat para pemula pun dapat merancang rumah impian mereka.

Terdapat sekitar 75 furniture yang bisa pengguna pakai dalam mendesain rumah. Dengan furnitur yang tersedia itu, pengguna dapat mengisi perabotan rumah seperti kursi, meja, tempat tidur serta perabotan rumah lainnya. Bahkan pengguna dapat menyimpan motor dan mobil di garasi yang telah dibuat.

SketchUp

SketchUp
SketchUp

Perangkat lunak berikutnya adalah sketch up. Sketchup merupakan aplikasi yang ringan sehingga dapat digunakan di berbagai jenis komputer. Selain itu, user interface nya menarik dan mudah ketika dioperasikan. Sketchup disukai karena memiliki bantuan sumber daya model 3D online secara gratis.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur dimana pengguna dapat mengimport gambar ke berbagai jenis file seperti pdf, dwg dan 3ds. Kelebihan ini membuat sketch up semakin diminati penggunanya. Selain itu terdapat banyak video tutorial dan komunitas pengguna yang akan membantu para pemula.

Baca juga : Software Cloning Hardisk

Archicad

Archicad
Archicad

Software ini dapat dibilang all in one karena dapat digunakan dalam mengerjakan proyek 2D ataupun 3D. Archicad ini sangatlah mudah digunakan (user friendly). Karena itulah para arsitek profesional maupun pemula dapat dengan mudah menggunakannya secara maksimal dalam menggambar desain.

Banyak fitur-fitur yang dimiliki archicad akan tetapi tidak dimiliki aplikasi lain salah satunya efisiensi dalam merancang gambar. Selain itu pekerjaan yang dihasilkan akan sinkron antara 2D dan 3D. Koleksi library nya juga banyak dan banyak situs online yang menyediakannya secara gratis.

Softplan

Softplan
Softplan

Salah satu software yang dapat dijadikan pilihan lainnya adalah softplan. Aplikasi ini dapat merancang desain bangunan secara 3D dalam bentuk yang canggih dan berkualitas. Dapat dioperasikan dengan praktis dan mampu menyimpan segala informasi sehingga detail rumah terlihat sangat jelas.

Softplan juga dapat menyimpan secara otomatis wujud denah ke dalam bentuk virtual 3D. Bukan hanya berfungsi membantu mendesain rancang bangunan, software ini juga dapat memberikan list daftar bahan bangunan. Tentunya hal ini sangat memudahkan para arsitektur untuk membuat desain.

Itulah 6 software animasi 3D arsitektur terbaik yang sering digunakan para arsitektur. Para mahasiswa arsitektur wajib tahu software-software diatas agar dapat memilih mana yang lebih sesuai. Intinya para arsitektur dapat terbantu mengerjakan proyek-proyeknya dengan adanya aplikasi tersebut.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 6 Software Animasi 3D Arsitektur Terbaik, Mahasiswa Arsitektur Wajib Tahu yang dipublish pada 12 Mei 2022 di website JatimPlus.id

Leave a Comment