Beginilah Cara Verifikasi Nomor di Shopee, Pengguna Wajib Tahu!

Cara Verifikasi Nomor di Shopee – Shopee telah dikenal sebagai marketplace yang ramai digunakan di Indonesia. Hal penting ketika berbelanja melalui Shopee salah satunya adalah melakukan verifikasi nomor untuk memastikan keamanan data pengguna. Artikel ini akan mengulas cara verifikasi nomor di Shopee yang wajib diketahui pengguna.

Cara yang bisa pengguna jalankan sejatinya cukup mudah karena pengguna hanya harus mengakses pengaturan akun di Shopee. Namun, sebelum itu pengguna perlu tahu terlebih dahulu pentingnya melakukan verifikasi nomor di Shopee. Ulasan lengkapnya akan dipaparkan pada uraian di bawah ini:

Pentingnya Melakukan Verifikasi Nomor di Shopee untuk Pengguna

cara verifikasi nomor di shopee
cara verifikasi nomor di shopee

Proses verifikasi tentunya dilakukan bukan tanpa alasan penting. Pengguna harus melakukan verifikasi karena hal tersebut akan mempengaruhi keamanan data pengguna. Selain itu, dengan melakukan verifikasi nomor juga pengguna dapat lebih leluasa menggunakan aplikasi Shopee. Uraian rincinya dapat disimak seperti berikut:

Baca juga : Melamar Shopee Food

  • Pengguna akan terhindar dari kemungkinan peretasan akun Shopee.
  • Meminimalisir kemungkinan pembobolan rekening yang terhubung dengan akun Shopee.
  • Pengguna dapat melakukan penarikan dana Shopee untuk dipindahkan ke rekening bank milik pengguna.
  • Pengguna dapat melakukan transaksi atau pembayaran seluruh produk digital yang dibeli di Shopee.

Setelah pengguna mengerti pentingnya melakukan verifikasi, berikutnya pengguna bisa memahami dengan baik cara verifikasi nomor di Shopee yang mudah dijalankan. Tentunya, cara tersebut akan dijelaskan langkah demi langkah. Detail caranya dapat pengguna simak dengan jeli pada pemaparan di bawah ini.

Tutorial Cara Verifikasi Nomor di Shopee Bagi Pengguna

Mengingat bahwa proses verifikasi berkaitan pula dengan rekening bank pengguna, maka pastikan bahwa akun Shopee yang dipakai memang milik pengguna. Hal ini karena nantinya nomor telepon tadi akan menjadi rujukan jika ada transaksi ataupun aktivitas mencurigakan di akun Shopee tersebut.

Baca juga : Monetary Telkomsel Untuk Apa

Pada dasarnya, verifikasi nomor hampir mirip dengan sistem verifikasi dua langkah ataupun autentikasi dua faktor (2FA). Selain itu, langkah untuk melakukan verifikasi tergolong mudah dilakukan. Langkah-langkahnya adalah seperti ini:

  • Pertama, bukalah aplikasi Shopee yang terpasang di smartphone milik pengguna.
  • Kemudian, akan muncul tampilan utama Shopee. Ada beberapa tab di sana. Pilihlah tab “Saya”.
  • Setelah itu, pilih “Pengaturan Akun”.
  • Pengguna dapat melihat menu yang muncul. Klik “Profilku” lalu pilih “Telepon”.
  • Jika sudah, masukkan kata sandi akun Shopee pengguna. Berikutnya, klik “Lanjut”.
  • Selanjutnya, akan ada perintah untuk mengetikkan nomor telepon yang pengguna pakai. Ketikkanlah nomor tersebut pada kolom yang disediakan. Lalu, klik “Lanjut”.
  • Setelah itu, pihak Shopee akan mengirimkan kode OTP ke smartphone pengguna melalui SMS.
  • Tunggu beberapa saat hingga kode OTP tersebut diterima oleh pengguna. Kode OTP berisi 6 digit angka.
  • Apabila pengguna sudah menerima kode OTP, langkah berikutnya adalah mengetikkan kode OTP pada kotak dialog di proses verifikasi.
  • Terkadang, ada masalah saat memasukkan kode OTP atau kode verifikasi berupa gagalnya penginputan kode pada kotak yang tersedia. Jika pengguna mengalami hal ini, maka mintalah atau request kode OTP ulang.
  • Biasanya, tidak berapa lama kode OTP akan dikirimkan kembali kepada pengguna. Apabila telah dikirimkan, masukkan kode OTP tersebut ke dalam kotak dialog untuk meneruskan proses verifikasi.
  • Kemudian, klik “Lanjut”.
  • Maka, nomor telepon pun telah berhasil diverifikasi di Shopee.

Demikian ulasan tentang cara verifikasi nomor di Shopee yang bisa pengguna laksanakan apabila belum memverifikasi nomornya. Setiap nomor hanya dapat digunakan oleh satu akun saja. Jadi, segeralah melakukan verifikasi agar keamanan akun lebih kuat dan dapat lebih tenang dalam berbelanja.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Beginilah Cara Verifikasi Nomor di Shopee, Pengguna Wajib Tahu! yang dipublish pada 4 November 2023 di website JatimPlus.id

Leave a Comment