Cara Cek Power Supply PC Dengan Software Terbaru 2022

Cara Cek Power Supply PC Dengan Software – Power supply adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi arus DC untuk memberi daya perangkat keras lainnya. Sumber AC yaitu sumber tegangan bolak-balik, sedangkan sumber tegangan DC merupakan sumber tegangan searah. Hal ini sebagai bahan pertimbangan untuk mengetahui berapa jumlah pemakaian listrik dari laptop yang digunakan. Selain mengecek menggunakan alat atau membongkar motherboard, ada cara cek power supply PC dengan Software berikut ini.

Manfaat Mengetahui Besaran Power Supply PC

Penggunaan alat elektronik di dalam rumah akan berpengaruh terhadap besaran biaya pemakaian listrik yang harus dikeluarkan. Usahakan untuk selalu menghitung jumlah daya listrik setiap alat elektronik yang dimiliki untuk disesuaikan dengan tagihan yang dibayar. Menghitung penggunaan daya listrik PC juga memberi banyak manfaat. Disini pemilik dapat menilai apakah PC yang digunakan tergolong hemat listrik atau justru boros. Pemilik juga bisa mengkalkulasi penggunaan PC agar tagihan listrik nya tidak membengkak.

Mengetahui daya listrik yang dibutuhkan PC juga penting saat akan melakukan upgrade PC. Sebelum membeli unit PC atau hardware baru, pastikan daya listrik di rumah cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik PC tersebut. Jangan sampai listrik menjadi sering mati pada saat PC dinyalakan dan mengakibatkan kerusakan.

Cara Mengecek Power Supply Pada PC

Pengecekan daya listrik atau power supply dalam dilakukan dengan beberapa cara. Mengecek power supply ini dapat dilakukan menggunakan alat, aplikasi atau software. Dibawah ini akan diulas cara cek power supply PC dengan Software. Apa saja softwarenya ?. simak ulasannya hingga tuntas.

Baca juga : Perbedaan WA dan Telegram

1. Gunakan Software Local Cooling

Jika ingin melakukan pengecekan power supply pada unit PC atau Laptop, ada sebuah software yang bisa digunakan sebagai solusi. LocalCooling merupakan software yang dapat melakukan pengecekan power supply PC dengan cepat. Software ini memang didesain untuk mengetahui berapa daya listrik yang digunakan oleh PC nya.

Software ini tidak hanya mampu mengukur power supply pada PC tetapi juga dapat mengecek penggunaan daya listrik pada setiap komponennya. Cara mengeceknya adalah sebagai berikut :

  • Unduh dan install software LocalCooling dengan benar di PC.
  • Buka software yang telah diunduh lalu klik Settings dan tunggu tampilan opsi berikutnya muncul.
  • Pada laman berikutnya klik pada opsi My Power. Layar PC akan segera mengeluarkan data dan informasi seputar berapa besar daya yang digunakan oleh PC tersebut.
  • Buka bagian Estimated Power Usage untuk daftar penggunaan daya dengan lebih terperinci.

2. Pakai Software CPUID HWMonitor Pro

Software ini sangat direkomendasikan untuk memantau kondisi power supply unit (PSU) di PC.  Tidak hanya mengukur daya listrik, software ini juga dapat mengukur suhu PC.

Baca juga : Cara Membuat Virtual Background Zoom

Langkah pengecekan suhu dan power supply menggunakan software ini pun tidak sulit. Pengguna hanya tinggal memastikan bahwa software terinstal sempurna di PC. Saat akan melakukan pengecekan tinggal mengakses software dan beberapa fitur pemeriksaan akan muncul. Pilih fitur monitoring tegangan dan voltase secara realtime.

Secara umum, fitur pemeriksaan yang terdapat dalam software ini adalah :

  • Fitur monitor suhu yang akurat.
  • Layar monitor tegangan dan voltase yang realtime.
  • Fitur monitor VGA.
  • Dan sebagainya.

Demikian ulasan mengenai cara cek power supply PC dengan software. Lakukan pengecekan untuk menghitung besaran daya listrik yang harus dibayar setiap bulannya. Cara ini juga berguna untuk mengetahui konsumsi listrik setiap komponen dalam PC tersebut.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Cek Power Supply PC Dengan Software Terbaru 2022 yang dipublish pada 1 Juni 2022 di website JatimPlus.id

Leave a Comment