6 Perbedaan WA dan Telegram Tebaru 2022

Apa perbedaan WA dan Telegram? WhatsApp atau yang lebih umum dikenal dengan WA dan Telegram, keduanya merupakan aplikasi perpesanan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Sebagaimana diketahui bahwa aplikasi perpesanan saat ini telah menjadi kebutuhan banyak orang, maka WA dan Telegram terus bersaing untuk memberikan layanan terbaik.

WhatsApp dan Telegram adalah dua aplikasi perpesanan yang belakangan banyak diperbincangkan karena berbagai perbedaan yang terdapat di dalamnya. Kendati WA memiliki pengguna yang lebih banyak, namun fitur yang disediakan oleh Telegram juga tak kalah menarik. Agar lebih jelas, simak 5 perbedaan WA dan Telegram dalam ulasan berikut!

6 Perbedaan WA dan Telegram Tebaru 2022

1. Akses dan Sinkronisasi

Perbedaan pertama yang kentara antara WA dan Telegram adalah perihal akses dan sinkronisasinya. Untuk dapat melakukan akses WA melalui web, smartphone dan komputer atau laptop harus sama-sama terhubung dengan internet. Jika ponsel yang di dalamnya terpasang aplikasi WA tidak terhubung dengan internet, maka WA web tidak bisa diakses.

Selain itu, WA juga hanya bisa digunakan pada satu perangkat saja. Jadi, jika sudah login di satu perangkat, akun WA tidak bisa digunakan untuk login di perangkat lain. Hal yang demikian tidaklah berlaku Telegram. Karena berbasis cloud, akun Telegram dapat digunakan untuk login di berbagai perangkat dalam waktu bersamaan.

Baca juga : Cara Membuat Virtual Background Zoom

2. Ukuran File

Hal kedua yang membedakan antara WA dan Telegram adalah ukuran filenya. Pada aplikasi WA, maksimal ukuran file (gambar, video, atau audio) yang diberikan adalah 100 MB. Sedangkan pada Telegram beragam file yang dikirimkan besarnya bisa sampai 1,5 GB. Tidak hanya itu, pada Telegram pesan yang diterima bisa disimpan di cloud.

3. Batasan Jumlah Anggota grup

Perbedaan antara WA dan Telegram yang ketiga adalah perihal batas jumlah anggota grup di masing-masing aplikasi. Pada aplikasi perpesanan WA, jumlah anggota grup dibatasi maksimal sebanyak 250 anggota. Sedangkan pada aplikasi perpesanan Telegram, jumlah anggota grupnya bisa sampai 10 ribu anggota.

Pun juga, ketika ingin menyampaikan pesan broadcast Telegram tidak memberikan batasan jumlah kontak yang bisa dikirimi pesan. Hal tersebut tidak terjadi pada WA, karena pengiriman pesan broadcast melalui WA sangat terbatas.

Baca juga : Cara Memindahkan Stiker Bergerak Telegram ke WhatsApp

4. Penyimpanan

Berbeda dengan Telegram yang menyimpan pesannya pada memori clod, WA masing menggunakan penyimpanan internal untuk menyimpan file-filenya. Baik file percakapan teks atau file kiriman dalam bentuk gambar, video, atau audio, semua disimpan di penyimpanan internal. Hal tersebut tentu sangat menguras memori penyimpanan yang terdapat di perangkat seluler.

5. Keamanan

Sejatinya aplikasi WA telah dibekali dengan enkripsi end to end untuk menjamin privasi para penggunanya. Namun, hal tersebut tidak lebih aman dari sistem keamanan yang disediakan oleh Telegram. Aplikasi perpesanan Telegram dibekali dengan layanan secret chat yang sistem keamanannya jauh lebih ketat dari WA. Jadi pesan, foto, maupun video yang dikirim bisa hilang dengan sendirinya.

6. Fitur Video Call

Terakhir, pada aplikasi WA terdapat fitur video call yang bisa digunakan untuk berkomunikasi tatap muka secara daring. Hal itu dapat dilakukan secara gratis antara pemilik akun WA yang satu dan lainnya. Hal yang demikian tidak dimiliki oleh aplikasi perpesanan Telegram.

Demikian informasi seputar perbedaan WA dan Telegram. Masing-masing aplikasi perpesanan tersebut tentu dibuat dengan keunggulan terbaiknya. Pun juga, saat ini kedua aplikasi perpesanan tersebut merupakan aplikasi yang sangat baik dan dapat menjawab kebutuhan penggunanya. Gunakan keduanya atau pilih salah satu aplikasi perpesanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 6 Perbedaan WA dan Telegram Tebaru 2022 yang dipublish pada 31 Mei 2022 di website JatimPlus.id

Leave a Comment