Perbedaan Google Meet dan Zoom yang Wajib Diketahui Semua Orang

Perbedaan Google Meet dan Zoom – Saat ini aplikasi Zoom Meeting dan Google Meet adalah dua aplikasi pertemuan daring yang banyak dipakai orang lain kala pandemi Covid-19. Alasannya, karena kedua aplikasi tersebut, sama-sama bisa melangsungkan rapat dan pembelajaran jarak jauh Namun, banyak orang yang belum paham tentang perbedaan google meet dan zoom. Nah inilah penjelasan selengkapnya!

Perbedaan Google Meet dan Zoom yang Wajib Diketahui Semua Orang

1. Perbedaan Jumlah Orang yang Hadir di Zoom dan Google Meet

Perbedaan pertama, yang paling mencolok antara Zoom meeting dan Google Meet adalah terletak pada jumlah orang yang hadir di Google Meet dan zoom yaitu kalau Zoom bisa menampung lima ratus orang anggota yang dapat hadir  di Zoom. Lalu, Google Meet hanya bisa dihadiri oleh dua ratus lima puluh orang saja.

Sehingga, membuat orang yang ingin mengadakan rapat dengan jumlah orang yang mengadakan rapat dengan jumlah orang yang lebih banyak akan memilih memakai Zoom. Daripada menggunakan  aplikasi Google Meet. Tujuannya, supaya semua orang yang berkepentingan dalam rapat online bisa tertampung dengan baik.

2. Fasilitas yang Terdapat di Zoom dan Google Meet Sangat Berbeda

Selanjutnya, hal yang berbeda antara aplikasi Zoom yaitu fasilitas yang ditawarkan oleh Zoom dan aplikasi Google Meet. Adapun jenis fasilitas yang ditawarkan aplikasi Zoom Meeting adalah kemudahan untuk mengganti latar belakang Zoom dan fasilitas untuk melakukan breakout. Artinya,  membagi anggota Zoom ke dalam kelompok kecil. Manfaatnya, bisa menyelenggarakan rapat antar divisi.

Baca juga : Cara Membuat Polling di Telegram

Sementara itu, aplikasi Google Meet adalah fitur penulisan di papan untuk menulis yang dapat membantu pengguna Google Meet untuk menuliskan materi rapat daring dengan mudah. Selain itu, aplikasi Google Meet menambahkan fitur tambahan yang sangat menarik yakni peralatan untuk mentranskripsi pembicaraan di Google Meet. Fungsinya, memberikan bantuan transkrip hasil rapat.

3. Tingkat Pengamanan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Meet yang Tidak Sama

Perbedaan google meet dan zoom, yang ketiga adalah tingkat pengamanan aplikasi Zoom Meeting dan Google Meet yang tidak sama. Hal itu, dapat terjadi karena Zoom kurang memperhatikan sisi keamanan data pengguna aplikasi. Hasilnya, data pengguna aplikasi Zoom mudah  dibobol hacker. Namun, kini Zoom meluncurkan pengaman berjenis GCM.

Sedangkan di kubu lawan, Google Meet sudah menyiapkan pengaman terenkripsi yang diciptakan oleh Google. Hingga, membuat orang yang memakai aplikasi Google Meet tidak perlu khawatir data-data yang ada di perangkat lunak Google Meet dapat diambil oleh peretas aplikasi Zoom. Akhirnya, pengguna Google Meet bisa melaksanakan rapat dengan aman dan nyaman.

4. Beda Harga Pemakaian Zoom dan Google Meet yang Signifikan

Perbedaan nomor empat antara Google Meet dan Zoom yakni terdapat pada harganya yang signifikan. Apabila penyelenggara rapat daring menggunakan Google Meet dengan cuma-cuma. Lalu, jika orang yang menyelenggarakan meeting online memakai software Zoom Meeting hanya menyediakan waktu rapat selama 40 menit saja. Sehingga, membuat pemakai Zoom harus berlangganan Zoom berbayar.

Baca juga : Software Pengubah Suara Menjadi Teks untuk PC

Kemudian, jika pemakai Zoom Meeting ingin melaksanakan rapat daring tanpa batasan waktu. Pemakai aplikasi Zoom Meeting harus membayar sebesar Rp.116.000 rupiah. Akan tetapi, jika penyelenggara rapat tidak punya anggaran untuk membeli Zoom berbayar, maka sebaiknya memakai software Google Meet saja.

5. Cara Pengoperasian Zoom Meeting dan Google Meet

Hal terakhir yang membedakan antara Google Meet dan Zoom Meeting adalah cara pengoperasian aplikasi Zoom Meeting dan Google Meet. Maksudnya, di dalam aplikasi Google Meet tidak harus memasang aplikasi tambahan. Karena pengguna bisa masuk ke dalam akun Google Meet via Gmail. Alhasil,  pemakai Google Meet tidak perlu memasang aplikasi apapun.

Sementara itu, aplikasi Zoom Meeting harus menginstal aplikasi Zoom Meeting di laptop. Maupun, pada perangkat ponsel pintar. Akhirnya, menyebabkan memori smartphone dan komputer menjadi penuh. Selain itu, dapat membuat kinerja komputer menjadi lambat.

Demikian penjelasan lengkap tentang perbedaan google meet dan zoom. Informasi tersebut, tentunya sangat berguna bagi orang yang ingin menyelenggarakan pertemuan daring. Agar penyelenggara pertemuan daring dapat memilih aplikasi pertemuan daring sesuai kebutuhan.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar