Cara Setting Proxy Telegram dan Fungsinya

Cara Setting Proxy Telegram – Telegram sebagai aplikasi chat yang berfokus pada kecepatan dan keamanan telah dilengkapi fitur-fitur unggulan untuk mewujudkan itu. Salah satu fiturnya yaitu Proxy Telegram, yang memberikan jaminan keamanan kepada pengguna saat berselancar di internet. Untuk cara setting proxy telegram juga mudah dan cepat, jadi pengguna bisa melakukannya hanya dalam hitungan detik.

Proxy sendiri pada dasarnya adalah sistem yang memungkinkan internet terhubung ke handphone dan laptop. Jadi bisa dibayangkan pentingnya fitur proxy Telegram tersebut untuk kelancaran akses internet. Berikut pembahasan cara setting proxy Telegram agar pengalaman pengguna dalam mengakses Telegram bisa lebih menyenangkan, sekaligus dibahas penjabaran fungsi dari proxy Telegram itu sendiri.

Cara Setting Proxy di Telegram  

Untuk diketahui Proxy yang dipakai ada dua tipe, SOCKS5 dan MTProto Proxy. Cara setting proxy Telegram untuk kedua tipe proxy itu sama saja, perbedaan ada pada fungsi dari proxy-nya. SOCKS5 menawarkan lebih banyak mode otentikasi, serta proses lebih cepat. MTProto Proxy menjamin keamanan data pribadi pengguna dan keamanan chat.

Baca juga : Software Human Resources

Sebelum dilakukan setting, pastikan aplikasi yang dimiliki sudah versi terbaru. Untuk mengeceknya tinggal cek notifikasi pembaruan aplikasi Telegram. Pengecekan bisa melalui play store atau app store lalu cek notifikasi aplikasi yang perlu diperbarui. Untuk pengguna laptop notifikasi pembaruan akan otomatis terkirim ke Telegram desktop. Kalau sudah terupdate berikut caranya:

  • Buka aplikasi Telegram, klik “menu” yang berada di sebelah pojok kiri atas dari tampilan utamanya.
  • Selanjutnya dari beberapa pilihan yang muncul, pilih “pengaturan.”
  • Pada tampilan pengaturan pilih “data dan penyimpanan,” bisa dilihat di sebelah kiri layar.
  • Berikutnya geser layar ke arah bawah dan pilih “pengaturan proxy,” letaknya tepat di bawah bagian panggilan.
  • Kemudian aktifkan “gunakan pengaturan proxy” dengan menggeser tombol di sebelah kanannya, pastikan tombol sampai berubah warna yang menandakan sudah aktif.
  • Pilih proxy yang akan digunakan di bagian “detail proxy”, pilih antara SOCKS5 atau MTProto Proxy dengan meng-klik bulatan di sebelah kanan proxy yang dipilih.
  • Terakhir, di sebelah pojok kanan atas ada ikon tanda centang, tinggal di-klik dan proxy Telegram sudah aktif.

Fungsi Proxy di Telegram   

Kendala yang umum dirasakan pengguna seperti akses yang diblokir, koneksi internet yang tidak stabil dan kekhawatiran keamanan penyalahgunaan data pribadi, itu semua resikonya bisa diminimalisir dengan penggunaan proxy Telegram. Akses yang lebih luas memungkinkan melewati pembatasan operator. Selain itu bisa menyembunyikan alamat IP dan lokasi pengguna untuk memastikan privasi pengguna.

Baca juga : Cara Membuat Sticker Telegram

Dengan protokol MTProto keamanan pesan pengguna lebih terjaga kerahasiaannya dan resiko penyalahgunaan data pribadi bisa lebih minimal. Selain itu saat melakukan video call, panggilan telepon atau bahkan menonton film koneksi internetnya jadi lebih stabil sehingga tidak ada lagi gangguan suara putus-putus, atau loading yang lama karena akses internet yang lambat.

Satu lagi fitur dari Telegram yang menawarkan pengalaman akses cepat dan jaminan keamanan data. Fitur proxy Telegram menjawab semua itu, pengguna tinggal mengaktifkan saja fiturnya dengan mengikuti cara setting proxy Telegram yang dijabarkan di atas. Dengan hanya meluangkan waktu sekian detik untuk setting, manfaat yang didapat pengguna bisa bertahan lama.

Hal ini sejalan dengan fokus Telegram sebagai aplikasi chat yang fokus kepada kecepatan, keamanan, dengan pengoperasian sederhana dan yang paling penting gratis. Dengan semakin terus bertambahnya pengguna aktif kekhawatiran akan lambatnya sistem bisa tercoret, sehubungan dengan adanya fitur Proxy ini. Jadi tunggu apalagi, aktifkan fitur proxy Telegram dan dapatkan manfaatnya dengan mengikuti cara setting proxy telegram di atas..

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar