Ketahui Pentingnya Menggunakan Jasa Press Release
Memanfaatkan jasa press release merupakan salah satu strategi marketing yang dapat digunakan oleh perusahaan atau sebuah brand. Langkah ini sudah sangat umum dilakukan semenjak industri periklanan masih bersifat tradisional, hingga akhirnya saat ini industri periklanan sudah bergeser ke arah digital.
Sudah banyak perusahaan atau brand yang merasakan betul manfaat dari penggunaan jasa press release. Meski perkembangan media sosial sebagai salah satu alat untuk memperkenalkan usaha atau merek semakin pesat, namun layanan press release tetap menjadi andalan.
Sebelum mengulas apa saja manfaat dari jasa press release, ada baiknya Anda memahami apa itu jasa press release dan manfaat menggunakan jasa press release.
Apa Itu Press Release

Berdasarkan literatur yang ada, press release dalam bahasa Indonesia disebut sebagai siaran pers adalah tulisan atau rekaman. Tulisan ini kemudian ditujukan langsung untuk media dengan tujuan agar mengumumkan sesuatu yang memiliki nilai berita, hingga selanjutnya terpublikasi di media massa.
Press release merupakan informasi mengenai produk maupun layanan dari suatu perusahaan. Kemudian sengaja dibuat untuk dibagikan kepada publik, baik secara online atau offline.
“Press release dirancang untuk memberikan informasi kepada wartawan mengenai suatu produk atau acara khusus yang menyangkut perusahaan atau produk anda yang dianggap patut diketahui oleh publik. Dengan kata lain, press release merupakan suatu bentuk standar komunikasi perusahaan dengan media,” ujar praktisi komunikasi, ICT BJ Onggo.
Press release kerap dilakukan oleh berbagai pihak untuk berbagai kepentingan mulai dari lembaga pemerintah, instansi, sampai perusahaan-perusahaan besar maupun kecil. Hal ini dilakukan supaya informasi terbaru mengenai sebuah lembaga, instansi atau brand tersebut mendapatkan publikasi yang memadai dan sesuai dengan kepentingan mereka.
Bagian akhir press release umumnya berisi latar belakang berisi informasi singkat yang dapat digunakan oleh wartawan agar memperkaya artikel laporan mereka.
Di masa kini, umumnya siaran pers dikirim lewat email kepada editor, wartawan, atau sekretaris redaksi berbagai media. Baik itu berbentuk surat kabar, majalah, stasiun radio, televisi, dan termasuk media online yang kini semakin marak. Tidak jarang, press release juga dikirim dalam format pers tunda atau undangan agar dapat menghadiri konferensi pers.
Ada beberapa hal yang biasa dilakukan media untuk mengolah press release yang sudah mereka terima. Mereka bisa mempublikasikan apa adanya tanpa banyak menyunting, atau menulis ulang agar dapat disesuaikan dengan format yang lebih sesuai dengan karakter media mereka.
Kemudian, mereka juga bisa memadatkan atau mempersingkat informasi yang dianggap terlalu bertele-tele atau justru menambah informasi dari sumber-sumber lain, entah itu secara tertulis maupun wawancara untuk dapat melengkapi berita.
Selain untuk kepentingan berita, press release juga kerap dimanfaatkan untuk kepentingan marketing. Langkahnya adalah brand atau pemilik usaha menyusun draft siaran pers berisi promosi. Kemudian, konten ini akan dipublikasikan oleh media dengan gaya jurnalistik. Oleh karena itu press release juga umumnya dikirim sudah dalam format jurnalistik agar menyesuaikan standar media.
Manfaat Menggunakan Jasa Press Release
Lantas, apa saja manfaat menggunakan press release? Ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan ketika memanfaatkan layanan ini untuk tujuan kepentingan Anda. Berikut rangkumannya :
Meningkatkan Reputasi Brand
Lantaran dimuat dalam format berita jurnalistik, informasi yang disampaikan melalui press release punya reputasi yang lebih baik untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. Dibanding dengan iklan biasa, press release lebih mampu meningkatkan branding secara lebih positif.
Kemudian, press release yang dilengkapi dengan hasil penelitian dan pendapat para ahli juga lebih dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap brand.
Nilai Iklan
Walaupun dibuat dalam format berita jurnalistik, press release tetap mempunyai nilai iklan karena di dalamnya juga memuat informasi tentang produk yang diperjualbelikan. Sehingga, penggunaan press release memiliki dua dampak positif sekaligus yaitu mengumumkan hal baru terkait produk atau brand, sekaligus mempromosikannya.
Target Audiens Lebih Luas
Umumnya, press release dikirimkan ke banyak media sekaligus. Hal ini bisa memperluas target audiens sebab masing-masing media memiliki pembacanya sendiri. Kemudian, biasanya media-media ini akan mempublikasikan press release dalam waktu yang hampir bersamaan. Publikasi besar-besaran seperti ini akan secara tidak langsung meningkatkan hype masyarakat terhadap produk atau brand.
Biaya Terjangkau
Jasa pembuatan press release biasanya membutuhkan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan iklan berbentuk lain. Pembuatan press release dilakukan secara profesional dengan fokus pada audiens tertarget.
Dengan agensi jasa publikasi media online, Anda bisa menerbitkan berita rilis untuk keperluan media placement seperti, promosi bisnis, personal branding, liputan acara, peluncuran produk, peluncuran karya, review produk, opini publik, kampanye politik di situs berita yang ada di Indonesia.
Itulah beberapa manfaat menggunakan jasa press release. Langkah ini terbukti berhasil sebagai salah satu strategi marketing yang sudah dilakukan oleh berbagai perusahaan atau merek. Bangun kepercayaan calon pemirsa Anda dengan meyakinkan bahwa Anda diliput media ternama.