5 Cara Memindahkan Foto iPhone Ke Laptop, Praktis dan Kualitas Foto Terjaga!

Cara memindahkan foto iPhone ke laptop banyak digunakan oleh pengguna yang ingin melakukan proses back up atau sharing foto. Bagi pengguna iPhone, memindahkan foto dari perangkat tersebut tidak hanya dilakukan untuk sesama sistem operasi iOS. Tetapi juga dapat diaplikasikan pada perangkat lain.

Jika pengguna ingin mengetahui informasi cara pindahkan data foto-foto dari iPhone ke laptop dengan praktis dan cepat. Maka, pengguna dapat mengikut 5 alternatif cara berikut ini:

5 Cara Memindahkan Foto iPhone Ke Laptop, Praktis dan Kualitas Foto Terjaga

cara memindahkan foto iphone ke laptop
cara memindahkan foto iphone ke laptop

1. Menggunakan Fitur iTunes

Pengguna dapat mencoba pindahkan foto iPhone ke laptop dengan menggunakan fitur iTunes. Cara ini tidak hanya dapat memindahkan foto saja, pengguna juga dapat memindahkan lagu, video dan sebagainya.

Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa  iTunes yang tersedia harus versi 12.5 ke atas. Pengguna juga wajib menyediakan kabel penghubung sebagai alat koneksi antara perangkat iPhone dan laptop.

Untuk langkah cara memindahkan foto iPhone ke laptop secara detail dapat disimak berikut ini:

  • Download dan install iTunes versi terbaru pada perangkat laptop Windows pengguna.
  • Sambungkan iPhone dengan laptop menggunakan kabel.
  • Klik opsi “Trust” pada notifikasi yang muncul.
  • Buka software iTunes pada laptop.
  • Tunggu kemunculan ikon “Device”.
  • Pilih menu “Library” dan masukkan password iPhone pengguna.
  • Buka menu “Photos” dan pilih “Import”.
  • Pilih foto yang ingin dipindahkan.

Baca juga : Cara Memperbaiki Jaringan Telkomsel

2. Menggunakan Kabel Data USB

Menggunakan kabel data USB atau fitur Windows Explorer menjadi cara untuk memindahkan foto-foto pada iPhone ke laptop. Pengguna dapat mencoba cara alternatif ini dengan cepat dan praktis. Pada dasarnya, cara kedua ini tidak berbeda jauh dengan cara pertama.

Perbedaannya adalah pada fitur yang ada pada laptop pengguna. Jika cara pertama menggunakan iTunes, maka cara ini menggunakan fitur Photos yang menjadi menu bawaan dari laptop. Untuk panduan langkah-langkahnya, pengguna dapat mencobanya berikut ini:

  • Hubungkan iPhone ke laptop menggunakan kabel USB.
  • Masukkan password Apple ID.
  • Klik tombol “Trust”.
  • Buka menu aplikasi “Photos App”.
  • Pilih foto yang akan dipindahkan ke laptop.
  • Pilih opsi “Import” dan “From a USB device”.
  • Klik “Continue” dan proses pemindahan selesai.

3. Memanfaatkan Fitur Google Photos

Google Photos menjadi fitur khusus dari Google yang berguna untuk menyimpan atau back up foto dari perangkat apapun. Google Photos sangat multifungsi dan tentu praktis digunakan. Pengguna tidak memerlukan alat seperti kabel data USB dan mengunduh aplikasi bantuan lainnya.

Cukup dengan memiliki kualitas jaringan internet yang stabil, pengguna sudah dapat mencoba cara memindahkan foto iPhone ke laptop secara praktis. Langkahnya, pengguna cukup upload foto iPhone ke Google Drive dengan masuk menggunakan alamat email pribadi.

Lalu nanti dengan menggunakan laptop, pengguna dapat download foto-foto yang ada di Google Photos kembali untuk disimpan pada perangkat laptop. Cara ini sangat praktis dan efisien untuk pengguna. Selain itu, cara ini juga terbukti sangat aman sebagai bentuk untuk back up data.

Baca juga : Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone

4. Menggunakan AirDrop

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan fitur bawaan iOS, yaitu AirDrop. Namun, pengguna perlu mengetahui bahwa cara ini hanya dapat dilakukan untuk perangkat iPhone dengan laptop merk MacBook saja. Karena fitur AirDrop berfungsi untuk transfer data yang cara kerjanya mirip Bluetooth.

Pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur AirDrop di iPhone dan MacBook dan lakukan pemindaian. Lalu, memilih foto-foto yang akan dipindahkan dan klik opsi “Sent” dan pilih ikon AirDrop untuk mengirim.

5. Mengunggah Foto Pada Google Drive

Terakhir, pengguna dapat memanfaatkan fitur Google Drive untuk sukses dalam pindahkan data foto dari iPhone ke laptop. Keseluruhan langkahnya tidak berbeda dengan Google Photos. Namun, keberadaan Google Drive ini tidak hanya terfokus pada back up atau memindahkan foto saja.

Penggunaan Google Drive lebih umum, karena pengguna dapat memindahkan, mengunggah, mengunduh dan menyimpan berbagai jenis data. Seperti misalnya video, dokumen, PDF, dan lainnya.

Begitulah 5 kemudahan cara memindahkan foto iPhone ke laptop yang dapat pengguna coba. Cara-cara tersebut sama aman dan cepatnya, tergantung kebutuhan dan preferensi pengguna saja. Apakah pengguna memilih menggunakan kabel data USB atau dengan metode online.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 5 Cara Memindahkan Foto iPhone Ke Laptop, Praktis dan Kualitas Foto Terjaga! yang dipublish pada 1 November 2023 di website JatimPlus.id

Leave a Comment