Makanan Khas Temanggung

Banyak orang bisa jadi belum pernah berkunjung ke Temanggung, apalagi mengetahui apa saja jenis makanan khas Temanggung. Maklum, kota yang satu ini terbilang kecil dan berlokasi di Jawa Tengah. Sehingga tidak banyak orang yang mencoba untuk singgah di kota tersebut. Namun, siapa sangka ternyata ada beberapa makanan lezat khas kota Temanggung yang cocok untuk dijadikan pilihan makan siang maupun malam. Jika penasaran dengan jenis makanan tersebut, yuk simak berikut ini beberapa list makanan khas Temanggung yang sangat menggoda rasanya.

Ndas Borok

Ndas Borok
Ndas Borok

Makanan yang satu ini terdengar aneh namanya, tapi jangan salah, rasanya cukup enak untuk dicoba. Terbuat dari bahan baku singkong, makanan ini juga diolah bersama kelapa yang diparut serta dikucuri gula aren yang manis. Ndas borok ini dikukus hingga matang, lalu dibungkus dengan daun pisang untuk rasa yang lebih lezat. Cocok sekali dijadikan cemilan, terutama di sore hari saat lapar menyerang perut. Jika berkunjung ke Temanggung, tidak ada salahnya mencoba untuk membeli makanan yang satu ini. Saat ini sudah banyak toko oleh-oleh yang menyediakan makanan tersebut dengan bungkus mika.

Baca juga : Makanan Khas Salatiga

Balung Kluwuk

Balung Kluwuk
Balung Kluwuk

Satu lagi makanan khas Temanggung yang terdengar agak aneh. Namun, jika dicoba untuk dimakan, jangan kaget bila ketagihan dan ingin memakannya kembali. Jenis makanan yang satu ini sebenarnya adalah keripik khas kota Temanggung. Terbuat dari ketela yang diiris tipis-tipis, dikeringkan lalu digoreng hingga renyah. Untuk citarasa yang lebih lezat, ditambahkan saos tomat, cabai serta sedikit gula. Sehingga rasa gurih, pedas dan manis bercampur jadi satu. Layak membuat banyak orang ingin selalu menyantapnya kembali. Jadi, jangan lupa untuk mencoba snack yang satu ini jika menyusuri kota Temanggung saat liburan.

Bajingan

Bajingan
Bajingan

Tak kalah lezatnya dengan menu makanan khas Temanggung lainnya di atas, makanan yang satu ini juga cocok dicoba bagi pecinta makanan manis. Bajingan terbuat dari singkong yang direbus hingga matang. Lalu setelahnya disiram oleh sejumlah santan gurih yang dipadukan dengan gula merah yang manis. Otomatis rasanya meleleh di mulut dan membuat banyak orang menyukai jenis makanan tersebut. Jadi, jika sedang mampir berkunjung ke kota Temanggung, cobalah untuk mencari makanan khas tersebut. Cocok sekali untuk teman makan di sore hari sambil ditemani segelas kopi ataupun teh. Hmmm….sudah jelas terbayang ya lezatnya.

Baca juga : Makanan Khas Pati

Gesing

Gesing
Gesing

Jika mencari oleh-oleh yang tepat khas kota Temanggung, cobalah untuk berburu gesing. Walau namanya cukup terdengar unik, tapi rasanya bisa dibilang lezat dan manis. Perpaduan bahan yang ada di dalamnya sangat tepat, yaitu terbuat dari bahan dasar pisang yang kemudian dikukus dengan daun pisang juga. Umumnya bahan utama buah pisang yang digunakan yaitu pisang kapok maupun pisang raja. Kemudian dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti santan, telur serta gula yang dicampur dan diolah menjadi satu. Tak heran setelah matang rasanya sangat lembut dan lezat. Perpaduan pisang dan bahan-bahan lain yang disebutkan tadi terasa lumer di lidah. Sehingga tak heran jika banyak yang tertarik untuk mencoba memakannya.

Nah, itu tadi beberapa kuliner makanan khas Temanggung yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Oleh sebab itu, jika melewati kota yang satu ini, sempatkan mampir untuk mencoba beberapa kuliner makanan di atas. Entah sekedar untuk menikmati sarapan, atau makan berat. Bisa jadi, kalian jatuh cinta pada beberapa jenis makanan di atas. Coba dulu aja!

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Makanan Khas Temanggung yang dipublish pada 29 Mei 2022 di website JatimPlus.id

Leave a Comment