Penyebab Kenapa Sinyal XL Hilang dan Solusinya!

Kenapa Sinyal XL Hilang – Tentunya kesal bila provider kartu XL tidak memiliki jaringan di HP dan tidak tahu alasan kenapa sinyal XL hilang begitu saja. XL termasuk provider di Indonesia yang sudah beroperasi sejak lama dan banyak sekali pengguna yang memakainya.

XL telah 24 tahun berkontribusi sebagai operator telekomunikasi seluler dan menawarkan layanan yang menarik dengan harga terjangkau. Namun, para pengguna kartu XL tentunya pernah mengalami sinyal XL yang tiba-tiba hilang bukan? Ada beberapa penyebab itu bisa terjadi. Mari simak uraianya:

Penyebab Sinyal XL Hilang

kenapa sinyal xl hilang
kenapa sinyal xl hilang

Ada beberapa penyebab kenapa sinyal XL hilang dan ini bukan hanya sekali atau dua kali terjadi. Sinyal hilang bisa dialami oleh pengguna kartu XL baik dengan perangkat Android atau iPhone sekalipun. Pengguna bisa menyimak beberapa alasan sinyal bisa hilang sebagai berikut:

1. Cuaca yang Ekstrim

Salah satu alasan kenapa sinyal XL hilang yaitu cuaca di tempat pengguna sedang ekstrim seperti angin kencang, hujan deras dan petir. Tidak hanya provider XL saja, semua provider lain juga akan mengalami susah sinyal apabila sedang dalam keadaan cuaca yang ekstrim.

Baca juga : Cara Memindahkan Saldo Google Play ke Pulsa

2. Adanya Perbaikan Jaringan

Alasan kedua kenapa sinyal hilang yakni adanya perbaikan jaringan. Perbaikan ini tentunya untuk mengecek, memperbaiki serta memelihara kualitas untuk memastikan pelanggan tetap mendapat pelayanan yang baik. Jika mengalami gangguan disebabkan oleh perbaikan jaringan, para pengguna bisa sedikit bersabar sampai pengerjaan selesai.

3. Kartu XL Tidak Terpasang dengan Benar

Bagi pengguna sebaiknya memastikan telah memasang kartu dengan benar di HP. Jika tidak terpasang dengan benar, mengakibatkan kartu tidak terbaca di HP. Pada akhirnya menyebabkan sinyal tidak terdeteksi dan tak memiliki jaringan. Pastikan juga slot untuk kartu sim tidak longgar.

4. Rusaknya Perangkat Keras pada HP

Jika HP pernah jatuh atau terkena bahkan sampai masuk ke dalam air bisa menyebabkan karat pada slot sim atau bagian lainnya. Itu dapat menyebabkan perangkat HP mengalami kerusakan sehingga mungkin susah untuk mendeteksi sinyal.

Baca juga : Cara Verifikasi Nomor di Shopee

5. Tidak Adanya Sinyal di Daerah Tersebut

Alasan terakhir kartu XL susah sinyal yaitu di kawasan tempat pengguna memang susah sinyal dan belum tersedia banyak tower telekomunikasi. Selain itu, mungkin tertutup oleh bangunan-bangunan tinggi yang menghalangi untuk mendeteksi sinyal.

Langkah Mengatasi XL yang Hilang Sinyal

Setelah mengetahui alasan XL tiba-tiba hilang sinyal, kini pengguna bisa mencoba beberapa solusi untuk mengatasi jika seandainya terjadi hal tersebut. Beberapa alternatif langkah yang bisa diikuti yakni sebagai berikut:

  • Aktifkan dan matikan mode pesawat. Cara pertama yang bisa digunakan oleh pengguna yaitu dengan hidupkan mode pesawat selama beberapa saat, kemudian silahkan matikan kembali. Hal ini bisa membantu untuk mereset jaringan dan akan mencari sinyal kembali. Cara ini berhasil dilakukan.
  • Restart Cara kedua yang bisa dilakukan yaitu dengan me-restart HP. Jika cara pertama belum berhasil, bisa menggunakan cara ini.
  • Atur ulang APN. pengguna juga bisa melakukan penyuntingan pada APN yang berada di pengaturan HP.
  • Cari sinyal di tempat lain. Jika cara-cara diatas tidak bekerja sama sekali, kemungkinan memang daerah tersebut susah untuk mendapatkan sinyal. Pengguna bisa mencari atau berpindah ke tempat yang sekiranya mudah untuk mendapatkan sinyal, seperti misalnya ke luar ruangan atau ke lapangan.

Itulah alasan kenapa sinyal XL hilang dan alternatif solusi yang bisa diikuti jika terjadi oleh pengguna. Jaringan memang terkadang suka hilang timbul, atau terkadang jaringan yang didapatkan sedang bagus dan tidak, hal ini tentunya meresahkan pengguna. Silakan atasi dengan cara yang disebutkan.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Penyebab Kenapa Sinyal XL Hilang dan Solusinya! yang dipublish pada 4 November 2023 di website JatimPlus.id

Leave a Comment