Cara Mengaktifkan Adsense YouTube Beserta Syaratnya

Cara Mengaktifkan Adsense YouTube – Adsense adalah suatu tools dimana pengguna bisa menghasilkan uang dari YouTube. Untuk bisa mendapatkan uang dari Adsense, pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Sebenarnya cara mengaktifkan Adsense youtube tidak terlalu sulit, namun prosesnya lumayan berbelit-belit:

Syarat Mengaktifkan Adsense

cara mengaktifkan adsense youtube
cara mengaktifkan adsense youtube

Sebelum masuk kedalam cara mengaktifkan Adsense youTube, pemilik channel haruslah mencapai syarat-syarat yang ditentukan. Syarat ini berlaku supaya pemohon Adsense bisa diterima oleh youTube dan mendapatkan penghasilan dari Adsense.

1. Akun Sudah Terverifikasi

Jangan kira mengaktifkan adsense adalah perkara yang mudah. Jika melihat ke beberapa tahun kebelakang, mendapatkan adsense dari youTube itu cenderung lebih mudah untuk dilalui. Namun seiring bertambah banyaknya kreator baru membuat peluang mendapat adsense semakin sulit.

Salah satu hal yang harus dicapai terlebih dahulu adalah akun yang terverifikasi. Hal ini diperlukan apalagi jika ingin mengunggah video yang durasinya cukup panjang. YouTube akan menganggap jika video dengan durasi lebih dari 15 menit itu sudah disebut sebagai video panjang.

Proses verifikasi masih tergolong mudah karena hanya perlu memenuhi syarat administrasi. Setelah semua dipenuhi secara resmi akun sudah bisa terverifikasi.

Baca juga : Cara Menggunakan Filter di Google Meet

2. Telah Mencapai 4000 Jam Tayang

Syarat lain yang wajib dicapai untuk mengaktifkan adsense adalah dengan mendapatkan 4000 jam penayangan video. Hal ini akan dihitung sejak 12 bulan terakhir atau kurang lebih selama satu tahun saja.

Jadi jika sempat, unggah video sebanyak mungkin dan pasti punya banyak penonton. Semakin sering video ditonton maka akan menambah jam tayang harus sudah dikumpulkan sebanyak mungkin agar cepat untuk mendapatkan adsense.

3. Terhindar dari Komentar Spam

Secara tidak langsung, komentar spam bisa menghambat proses mengaktifkan YouTube Adsense. Walaupun kreator sudah memenuhi semua syarat yang ditetapkan bukan berarti akan begitu saja mendapatkan adsense secara otomatis.

Tim youTube juga akan melakukan review terlebih dahulu sebelum memberikan hak adsense. Jika ditemukan hal yang berbau pelanggaran seperti komentar Spam maka ini bisa saja mengurangi penilaian dari tim YouTube.

Baca juga : Cara Memindahkan WA dari Android ke iPhone

4. Mencapai 1000 Subscriber

Syarat ini mungkin menjadi yang paling sulit hingga saat ini dalam mendapatkan YouTube Adsense.  Namun meski begitu bukan berarti tidak mungkin untuk mendapatkan 1000 subscriber di YouTube mengingat jumlah penonton YouTube yang saat ini ada 1,8 Miliar lebih.

Cara Mengaktifkan Adsense

Ada langkah-langkah yang harus dilalui setelah melengkapi semua persyaratan mengaktifkan Adsense. Langkah-langkah ini harus dilalui supaya Adsense bisa aktif karena ini harus diajukan terlebih dahulu dan tidak bisa aktif sendiri.

  • Buka laman YouTube melalui browser agar lebih leluasa.
  • Ketuk icon profil pengguna dan masuk kedalam menu studio kreator.
  • Pilih daftar menu di samping kiri untuk mengakses other features.
  • Dalam menu tersebut ada pilihan yang bisa diakses lebih dalam termasuk monetization.
  • Pengguna akan diarahkan untuk menyetujui beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Hubungkan youTube dengan akun Adsense yang sudah dibuat, jika belum maka buat terlebih dahulu ke laman Adsense.
  • Pilih jenis monetisasi yang diinginkan setelah pengajuan adsense diterima dengan masuk ke menu monetisasi.
  • Ada beberapa jenis iklan yang berpotensi mendatangkan penghasilan, berbagai tipe tersebut bisa disesuaikan dengan keinginan.
  • Tunggu informasi lebih lanjut mengenai review dari tim YouTube berkaitan dengan persyaratan yang harus dipenuhi.
  • Untuk memperlancar proses, pastikan semua video bisa dilihat agar tim bisa mendapatkan informasi secara pasti.

Begitulah cara mengaktifkan Adsense YouTube beserta persyaratan yang harus dipenuhi. Dengan demikian lengkap sudah pembahasan dari mulai syarat hingga caranya. Semoga bisa menjadi informasi yang berharga buat pengguna yang akan memonetisasi YouTubenya.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Mengaktifkan Adsense YouTube Beserta Syaratnya yang dipublish pada 10 September 2022 di website JatimPlus.id

Leave a Comment