Cara Mereaktivasi Kartu XL Hangus Lebih dari 60 Hari beserta Biaya yang Dikenakan

Kartu XL hangus lebih dari 60 hari bisa terjadi karena beberapa sebab, seperti lupa untuk mengisi ulang pulsa atau tidak sadar masa aktifnya telah habis. Kartu perdana yang tidak aktif akan mengakibatkan nomor tersebut tidak bisa dihubungi.

Lalu bagaimana jika ingin mengaktifkannya kembali?. Pihak XL Axiata memberikan waktu tenggang hingga 50 hari untuk melakukan reaktivasi kartu dengan nomor yang sama.

Jika terlewat, tetap diberikan waktu tambahan hingga 60 hari. Berikut adalah ulasan tentang bagaimana cara agar reaktivasi kartu berhasil, mari disimak uraiannya:

Ciri Kartu XL yang Telah Hangus

kartu xl hangus lebih dari 60 hari
kartu xl hangus lebih dari 60 hari

Sebelum mengetahui cari mereaktivasi nomor XL yang hangus, pengguna perlu memahami apa saja ciri kartu XL yang telah hangus atau mati. Karena sebagian orang tidak sadar bahwa nomornya mati, apalagi jika menggunakan Internet yang berasal dari WiFi. berikut beberapa cirinya:

  • Tidak dapat menerima dan melakukan panggilan.
  • SMS tidak dapat masuk ke dalam nomor telepon.
  • Pengguna tidak bisa mengirimkan pesan singkat keluar.
  • Hilangnya sinyal dengan menunjukkan gambar silang pada indikator sinyal pada bagian atas antarmuka perangkat.
  • Tidak terbacanya sinyal sama sekali pada perangkat HP dan tidak terdapat icon pemberitahuan apapun.

Baca juga : Cara Mentransfer Pulsa Sesama Indosat

Cara Reaktivasi Nomor XL

Kartu XL hangus lebih dari 60 hari masih memungkinkan untuk di reaktivasi ulang dengan menggunakan nomor yang sama namun dengan catatan bahwa 50 harinya masih dalam masa tenggang. Cara-cara berikut bisa dilakukan oleh pengguna untuk kembali bisa menggunakan nomor teleponnya:

1. Mengaktivasi Melalui Website Resmi XL

Cara reaktivasi kartu perdana yang sudah mati atau hangus bisa dilakukan secara online melalui website resmi XL. Pengunjung bisa mengunjungi http://prioritas.xl.co.id. Adapun langkah yang bisa dilakukan yaitu:

  • Masuk ke dalam situs resmi provider XL.
  • Tekan menu Layanan Kartu SIM.
  • Kemudian, tekan pilihan Layanan Reaktivasi Kartu.
  • Lalu masukkan nomor XL pribadi yang telah hangus atau mati.
  • Jika sudah, mesin akan meminta untuk memasukkan nomor Kartu Keluarga serta KTP yang digunakan.
  • Apabila memiliki nomor lain, bisa dimasukkan sebagai nomor alternatif yang bisa dihubungi melalui WhatsApp.
  • Jika seluruh data sudah dimasukkan, tekan kirim dan tunggu data divalidasi petugas kurang lebih dua jam hingga nomor bisa digunakan kembali.

2. Mengunjungi XL Center Terdekat

Apabila masih bingung dengan reaktivasi secara online, pengguna bisa mengunjungi XL Center terdekat untuk berkonsultasi dan mengaktifkan kembali nomor yang sudah hangus. Dokumen atau data pendukung yang perlu dibawa adalah KTP atau paspor asli.

Baca juga : Aplikasi Pengubah Wajah di Video

Jika pemilik nomor berhalangan hadir, dapat diwakilkan dengan membawa surat bermaterai serta kartu identitas asli pemilik nomor dan wakil yang ditunjuk. Setelah itu, pengguna atau perwakilan bisa mengungkapkan permasalahan kepada para petugas untuk dibantu mengaktifkan kembali kartu yang mati tersebut.

Biaya yang Dikeluarkan untuk Reaktivasi Kartu

Bagi yang ingin mengunjungi XL Center untuk mereaktivasi kartunya mungkin akan bertanya-tanya, apakah akan ada biaya yang dikeluarkan untuk pelayanan tersebut? Jawabannya adalah, ada. Namun pengguna tidak perlu khawatir karena biaya yang dikenakan masih sangat terjangkau yaitu Rp10.000,- saja.

Biaya ini sangatlah murah jika dibandingkan dengan pembelian nomor baru. Apalagi jika kartu yang direaktivasi masih memiliki paket Internet dan juga pulsa yang cukup banyak. Dengan biaya tersebut cukup terjangkau dan worth it.

Itulah cara mereaktivasi kartu XL Hangus lebih dari 60 hari beserta ciri dan biayanya. Sebagai pengguna perlu melakukan pengecekan masa aktif kartu agar tidak terjadi masalah pada nomor. Karena kehilangan nomor yang telah digunakan dan harus menggantinya.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Mereaktivasi Kartu XL Hangus Lebih dari 60 Hari beserta Biaya yang Dikenakan yang dipublish pada 29 Agustus 2022 di website JatimPlus.id

Leave a Comment