Makanan Khas Vietnam

Makanan Khas Vietnam – Berwisata ke negara Vietnam, pastinya sangat sayang jika melewatkan mencicipi makanan khas Vietnam. Tentu saja, sebagai negara dengan berbagai objek wisata mempesona, Vietnam juga menyajikan sejumlah kuliner yang tak kalah menggoda. Maka dari itu, sempatkan waktu untuk mencicipi berbagai makanan sajian khas negara tersebut. Jika ingin tahu apa saja makanan khas Vietnam, yuk baca list berikut ini.

6 Makanan Khas Vietnam

Pho

Pho
Pho

Pasti sudah banyak yang tahu makanan khas Vietnam yang satu ini. Mie ala Vietnam tersebut memang terkenal dengan kelezatan yang khas. Bahkan sejumlah restoran ternama di ibukota menyajikan menu yang satu ini. Jadi tidak perlu jauh-jauh hanya untuk sekedar merasakan kelezatan mie bercampur dengan tauge dan daun jeruk tersebut.

Banh Cuon

Banh Cuon
Banh Cuon

Makanan yang satu ini terbuat dari sejenis kulit lumpia yang bening berasal dari tepung beras. Di dalamnya berisi sayuran serta daging yang lezat. Untuk menikmatinya disajikan dengan bawang goreng serta mentimun. Rasanya tidak hanya lezat, tetapi juga menyegarkan. Beberapa restoran Vietnam menyediakan menu ini sebagai pembuka. Namun jika ada waktu berkunjung ke negara asalnya, tidak ada salahnya mencoba untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Baca juga : Makanan Khas Tuban

Bun Cha

Bun Cha
Bun Cha

Berikut ini makanan khas Vietnam yang juga mulai banyak dilirik oleh para wisatawan. Bun Cha adalah jenis makanan dari negara tersebut yang diolah berasal dari potongan daging babi yang dicampur dengan sayuran lainnya. Jadi secara otomatis membuat jenis makanan tersebut tergolong tidak halal untuk dikonsumsi bagi kebanyakan orang Indonesia. Namun, jika kalian non-muslim dan sedang berkunjung ke Vietnam, cobalah untuk memasukkan menu ini ke dalam list kuliner kalian. Tidak hanya lezat, tetapi juga cocok dijadikan santapan makan siang ataupun makan malam.

Com Tam

Com Tam
Com Tam

Rasanya tidak ada menu makanan khas Vietnam yang disajikan selengkap menu yang satu ini. Maklum saja, di menu ini terdapat beberapa bahan makanan termasuk nasi, irisan daging, bihun, sayuran, serta bisa ditambahkan telur dan lauk lainnya. Di Vietnam sendiri, makanan ini bisa dikategorikan sebagai street food dengan harga yang ramah di kantong. Oleh sebab itu cocok untuk dicoba, apalagi jika sedang makan, porsinya yang lengkap dijamin dapat membuat perut menjadi super kenyang!

Baca juga : Makanan Khas Temanggung

Ca Kho To

Ca Kho To
Ca Kho To

Bagi pecinta ikan, sebaiknya cobalah menu makanan khas Vietnam yang satu ini. Menu tersebut dibuat dari olahan ikan segar yang dimasak bersama bumbu gurih ala Vietnam. Biasanya makanan yang satu ini dihidangkan bersama clay pot untuk menjaga kehangatan dan kesegaran rasa masakan. Jadi, tak heran jika olahan menu tersebut selalu terasa lezat setiap suapannya.

Goi Cuon

Goi Cuon
Goi Cuon

Tidak hanya dapat menemani makan siang atau makan malam, tetapi jenis makanan yang satu ini juga cocok dijadikan makanan selingan. Goi Cuon terbuat dari udang yang bercampur dengan salad dan kemudian digulung pada kulit lumpia. Tidak hanya terasa segar, tetapi makanan ini juga cukup menyehatkan. Mengadung cukup serat dan protein. Untuk menambah kelezatan, umumnya masyarakat Vietnam mengkonsumsinya bersama sejenis saus berupa bumbu kacang. Wah, menarik untuk dicoba kan?

Itulah beberapa makanan khas Vietnam yang bisa dengan mudah didapatkan di seluruh sudut negara tersebut. Jika belum sempat berkunjung, cobalah mencari beberapa restoran Vietnam di kota-kota besar di Indonesia. Rasakan lezatnya kuliner ala negara di Asia ini, bila perlu coba saja memasak sendiri resepnya.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Makanan Khas Vietnam yang dipublish pada 1 Agustus 2022 di website JatimPlus.id

Leave a Comment