Ketahui Pengertian dari Server, Software Server Pulsa, dan Fitur Idealnya di Sini!

Software Server Pulsa – Pulsa kini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Untuk bisa mengakses berbagai portal berita dan media sosial, pulsa menjadi bahan bakarnya. Tidak heran banyak orang melirik peluang usaha berjualan pulsa. Namun jika berbicara soal pulsa maka tidak bisa terlepas dari server dan software server pulsa. Apa itu? Ketahui selengkapnya di ulasan berikut ini:

Server Pulsa

Para pembaca yang seringkali membeli pulsa di konter-konter pulsa pasti tidak asing dengan istilah server pulsa. Terkadang penjual pulsa yang ditanyai alasan pulsa belum masuk kerap menjawab pelanggannya dengan alasan server pulsa sedang error atau ada gangguan. Ini berarti kehadiran server pulsa sangat mempengaruhi cepat/lambat dikirimnya pulsa ke nomor pelanggan.

Pada dasarnya, server pulsa merupakan sistem yang mengotomatisasi penjualan pulsa dari para distributor ke agen-agen pulsa. Sistem ini terdiri atas perangkat keras atau hardware berupa PC dan modem pesan teks serta software atau perangkat lunak yang dioperasikan di hardware. Seperangkat ini bertugas mengatur pengiriman dan pembagian pulsa ke agen pulsa.

Dengan proses yang cukup panjang, apakah ini berarti keuntungan berjualan pulsa memang sedikit? Tunggu dulu, sebenarnya pulsa yang berasal dari server pulsa semula bersifat pulsa all operator, lho. Distributor Lah yang mendistribusikan pulsa all operator tersebut menjadi beberapa jenis pulsa operator. Dari sinilah keuntungan menjadi server pulsa didapatkan.

Baca juga : Cara Mengunci Telegram

Saldo pulsa all operator yang belum didistribusikan menjadi pulsa per operator tentu memiliki harga yang berbeda. Selisih keuntungan inilah yang menjadi sumber keuntungan untuk pengelola server pulsa. Dibandingkan dengan harga jual ke pembeli tentu akan berbeda lagi. Agen juga mendapatkan keuntungan dari selisih harga server pulsa dan harga jual ke pembeli.

Software untuk Server Pulsa

Usai membaca ulasan sebelumnya, pembaca mungkin akan menyimpulkan bahwa menjadi distributor atau bahkan menjadi pengelola server pulsa cukup menguntungkan. Hal ini tentu wajar saja untuk terpikirkan, mengingat adanya selisih harga yang cukup besar.

Namun, dibalik kinerja server pulsa yang baik, terdapat software server yang pasti sangat menunjang performa tersebut. Apa itu software server pulsa? Sebelumnya, sudah dijelaskan sedikit bahwa sistem server pulsa terdiri dari hardware dan software. Hardware tentu berupa alat bantu yang secara fisik dapat digunakan untuk keperluan sistem.

Namun, software yang dioperasikan di dalamnya juga sangat penting untuk kelancaran distribusi pulsa yang cepat. Artinya, software server merupakan sebuah aplikasi atau program yang didesain untuk distribusi pulsa dari distributor ke agen pulsa. Saldo yang semula bersifat all operator, didistribusikan ke agen  menjadi beberapa jenis pulsa operator yang berbeda.

Baca juga : Perbedaan Google Meet dan Zoom

Dalam software pulsa sudah terdapat default alur distribusi pulsa dan jenis-jenis operator yang tersedia. Ponsel yang telah terdaftar dengan software dapat menjalankan fungsi default software tersebut dan melakukan penjualan atau distribusi pulsa. Inilah sebabnya tidak diperlukan perangkat dalam jumlah banyak. Selama sudah terdaftar di software maka 1 perangkat saja cukup.

Fitur Ideal

Jika software server pulsa dibuat oleh pengembang dengan tujuan distribusi, maka bukan tidak mungkin kini jumlahnya sudah semakin bertambah. Di Indonesia, khususnya, ada banyak software server yang beredar. Namun hari-hati sebab jenisnya berbeda-beda. Ada yang menawarkan sistem default dengan harga yang mahal maupun murah dan ada juga software yang bajakan.

Apabila pembaca tertarik dengan software ini dan ingin mencoba untuk berjualan dengan software server, pastikan untuk mengetahui fitur-fitur ideal yang harus dimiliki software server. Adapun fitur tersebut seperti terminal GSM, koneksi ke server host ke host, terminal SMS center dan SMS sender, sistem deposit, dan layanan purna jual.

Itulah sedikit informasi tentang pengertian dari server, software server pulsa, dan fitur idealnya. Semakin banyak fitur software maka semakin rumit pengoperasiannya. Biasanya software dengan fitur ideal demikian memang memiliki harga yang tidak murah. Yuk, cari tahu sebelum menentukan software yang akan dipilih!

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Ketahui Pengertian dari Server, Software Server Pulsa, dan Fitur Idealnya di Sini! yang dipublish pada 7 Juli 2022 di website JatimPlus.id

Leave a Comment