Apa itu VPS? Fungsi dan Cara Memilihnya

Apa Itu VPS – Saat hendak membuat website, Anda akan dihadapkan ke beberapa jenis hosting, dalam bentuk paket. Jenis paket hosting yang beragam ini pastinya membuat Anda bingung harus memilih yang mana dan apa kelebihannya. Nah, salah satu dari jenis paket hosting ini adalah VPS, lalu apa itu VPS?

VPS merupakan bagian dari hosting, tentunya berfungsi untuk menyimpan data serta file pada website. Buat Anda yang penasaran ingin mengetahui tentang VPS, mulai dari pengertian, fungsi, hingga tips memilihnya, yuk simak ulasan berikut.

Apa itu VPS?

Apa itu VPS? Virtual Private Server adalah salah satu jenis hosting yang berfungsi untuk menyimpan data pada website yang membutuhkan sumber daya besar. VPS kebanyakan dipilih oleh para pengguna yang tidak ingin berbagi sumber dayanya dengan website lain seperti jenis hosting Shared Hosting.

VPS menggunakan teknologi yang memiliki virtualisasi pembagi server fisik dan menjadikannya beberapa sumber daya berbeda. Oleh karena itu performa dari website yang menggunakan hosting ini tidak akan dipengaruhi oleh pengguna lainnya. Jadi VPS ini sangat  cocok buat para programmer, developer game, dan perusahaan besar lain.

Fungsi VPS

Setelah mengetahui mengenai VPS dan keunggulannya, Anda perlu mengetahui berbagai fungsi dari VPS juga. Berikut beberapa fungsinya:

  1. Web Hosting

Fungsi VPS yang utama adalah sebagai tempat penyimpanan data web atau hosting yang memiliki sumber daya dan traffic tinggi. Website yang menggunakan VPS ini tidak terlalu besar juga tetapi tidak kecil, jadi bisa dibilang tengah-tengah.

Dengan sumber dayanya yang besar ini VPS menawarkan  berbagai tools dan framework tambahan. Nah, dengan adanya tools dan framework tambahan ini bisa membantu Anda dalam menambahkan fitur serta memaksimalkan website Anda.

  1. Game Server

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa VPS hosting ini cocok digunakan untuk game server. Jadi Anda bisa bebas menginstal game online, bermain game, membuat koleksi khusus game, dan semua ini tidak akan lag.

Anda juga akan memperoleh akses root untuk mengelola game server sesuai kebutuhan. Tetapi saat menggunakan VPS untuk bermain game, Anda perlu memperhatikan aspek teknisnya. Pilihlah layanan VPS yang memiliki processor cepat, resource yang cukup besar hingga penyimpanan yang besar juga.

  1. Layanan VPN

Jaringan pribadi yang terhubung melalui internet dan bisa menyembunyikan identitas saat diakses, yaitu VPN. Untuk membatasi akses orang-orang dari jaringan internet tertentu VPN banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Layanan VPN ini bertujuan untuk proses penukaran dan penyimpanan data agar lebih aman dan tidak bisa dilihat oleh pengguna lainnya. Layanan VPN ini ada yang gratis dan berbayar, tetapi VPN dari sever VPS sudah dijamin keamanannya tanpa adanya kemungkinan data bocor.

  1. Mengembangkan dan Menguji Aplikasi

Fungsi keempat ini mungkin tidak akan terpikirkan oleh Anda, VPS bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi. Menggunakan VPS, Anda bisa membuat aplikasi berbasis windows, seperti Silverlight, framework, .NET, dan SQL.

Bukan hanya mengembangkan aplikasi, VPS bisa berfungsi untuk menguji aplikasi yang hendak diluncurkan. Anda bisa membuat ruang-ruang dalam VPS dan memodifikasi app di ruangan tersebut serta melakukan testing.

  1. Backup Data

Fungsi VPS yang terakhir ini sudah diketahui banyak orang yaitu sebagai backup data. Jadi data Anda tidak akan hilang, rusak ataupun terhapus karena salah konfigurasi ataupun data dicuri.

Backup data dari VPS ini bisa dilakukan secara up to date, apalagi jika jumlah data yang di backup banyak. Tapi tenang, Anda tidak perlu khawatir, karena VPS tidak menyebabkan masalah pada server utamanya. Bahkan backup server ini juga bisa dilakukan restore sewaktu-waktu.

Cara Memilih VPS yang Tepat

Seperti yang Anda ketahui bahwa VPS ini adalah paket hosting, jadi untuk memilihnya diperlukan beberapa tips. Pertama, Anda perlu mengidentifikasi kebutuhan terlebih dahulu, lalu pertimbangkan sistem operasional yang akan dipilih. Kedua, pastikan kapasitas bandwidth yang dimiliki bulanan, karena layanan VPS memiliki batasan bulanan.

Ketiga, pastikan Anda memiliki kapasitas dan CPU yang sesuai kebutuhan, karena semakin besar RAM maka semakin banyak situs website yang bisa ditambahkan. Keempat, pastikan layanan VPS yang dipilih menyediakan kapasitas penyimpanan yang cukup memadai. Jika memungkinkan gunakan penyimpanan yang mumpuni seperti SSD (Solid State Drive).

Kelima, Anda perlu mencari tahu terlebih dulu teknologi apa saja yang digunakan oleh VPS tersebut dan perangkat lunak yang mendukungnya. Keenam, pastikan VPS mempunyai fitur keamanan agar data lebih terjamin. Ketujuh, jika Anda seorang IT maka pilihlah VPS yang menyediakan akses root dan memiliki kontrol penuh atas server.

Itulah sekilas penjelasan mengenai VPS hosting. jadi apakah pertanyaan Anda mengenai apa itu VPS sudah terjawab? Jika sudah tunggu apalagi, yuk segera pilih paket layanan VPS Anda di DomaiNesia, karena  banyak hosting promo, serta layanan paket VPS dengan harga terjangkau dan pastinya dijamin keamanannya.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Apa itu VPS? Fungsi dan Cara Memilihnya yang dipublish pada 7 Agustus 2022 di website JatimPlus.id

Leave a Comment