Makanan Khas Boyolali

Makanan Khas Boyolali – Bagi Anda yang hendak merencanakan perjalanan ke Boyolali, sebaiknya siapkan sederet menu makanan khas Boyolali untuk dicoba. Deretan ragam kuliner khas daerah tersebut terkenal lezat dan memiliki kekhasan tersendiri. Misalnya saja seperti beberapa makanan yang ada di bawah ini.

10 Makanan Khas Boyolali

Soto Seger

Soto Seger
Soto Seger

Jika Anda ke Boyolali maka Anda bisa mampir ke kawasan Pandanaran dan menemukan Soto Mbok Giyem. Sotonya sangatlah gurih karena di dalamnya terdapat banyak rempah-rempah. Kuah soto ini cukup.kental dan akan terasa sangat segar sehingga Anda akan ketagihan saat mencicipinya. Ini adalah makanan khas Boyolali yang favorit di banyak kota lain juga lho.

Tahu Susu

Tahu Susu
Tahu Susu

Boyolali memang dikenal sebagai kota susu. Maka tak heran bila banyak hasil olahan susu yang akan Anda temukan di kota tersebut. Termasuk salah satunya adalah tahu susu yang terasa sangat gurih namun creamy dan terasa lebih lembut di bagian dalam tahu.

Jenang Pecel

Jenang Pecel
Jenang Pecel

Makanan yang satu ini bisa menjadi sarapan untuk Anda saat berkunjung ke Boyolali. Pada makanan ini Anda akan menemukan bubur sumsum yang terasa manis dan dicampur dengan pecel yang pedas. Tentu saja makanan ini bisa dibilang sebagai salah satu kuliner yang cukup unik.

Baca juga : Makanan Khas Amerika

Susu Segar

Susu Segar
Susu Segar

Salah satu desa yang cukup populer dengan peternakan sapi perah di Boyolali adalah Dusun Kuncen. Di dusun ini Anda bisa mendapatkan susu segar dengan beraneka macam varian rasa seperti coklat dan stroberi serta moka dan lainnya.

Abon Lele

Abon Lele
Abon Lele

Boyolali rupanya dikenal pula sebagai pemasok lele yang cukup besar di negara ini. Maka sudah tentu Anda akan menemukan hasil olahan lele di kota ini. Salah satunya adalah abon lele nikmat yang bisa dimakan dengan menggunakan nasi putih hangat.

Dodol Susu

Dodol Susu
Dodol Susu

Satu lagi makanan khas Boyolali yang dibuat dengan menggunakan olahan susu yaitu dodol susu. Sebenarnya dodol susu sama saja dengan dodol yang lainnya dan terbuat dari bahan tepung ketan serta gula. Hanya saja dodol yang satu ini ditambahkan dengan bahan susu sehingga teksturnya lebih lembut.

Marning

Marning
Marning

Anda mungkin bisa menemukan marning dimana saja. Namun di Boyolali rupanya marning termasuk snack yang special. Terdapat beberapa varian rasa yaitu manis dan asin serta pedas. Ada pula marning dengan varian rasa keju dan juga balado.

Baca juga : Makanan Khas Vietnam

Bebek Goreng

Bebek Goreng
Bebek Goreng

Sangat rugi jika Anda tidak mencicip bebek goreng khas Boyolali saat berlibur ke tempat ini. Sebab rasanya sangat gurih dan enak. Ditambah lagi daging bebeknya tidak bau sehingga selera makan Anda akan makin meningkat. Makanan ini disajikan dengan adanya sambel segar.

Nasi Tumpang

Nasi Tumpang
Nasi Tumpang

Nasi ini biasanya disajikan dengan campuran urap sayur dan lauk yang sesuai dengan selera Anda. Selain itu ada pula sambal tumpang atau yang biasa disebut lethok Boyolali yang dibuat dari bahan tempe semangit atau tempe yang hampir busuk. Aromanya tentu saja akan semakin menggugah selera Anda.

Sate Kere

Sate Kere
Sate Kere

Sate ini biasanya terbuat dari tempe gambus atau bisa juga jeroan sapi. Sedangkan bumbunya sama seperti bumbu sate pada umumnya yang terbuat dari bumbu kacang atau sambal kecap. Kuliner yang satu ini tampaknya cukup populer dan lagi harganya bisa dibilang cukup murah.

Makanan khas Boyolali di atas bisa didapatkan dengan mudah. Apalagi bila sedang berkunjung ke kota Boyolali. Karena itu tak heran jika banyak orang yang menyempatkan mampir. Daripada menyesal belum sempat mencicipinya!

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Makanan Khas Boyolali yang dipublish pada 7 Agustus 2022 di website JatimPlus.id

Leave a Comment