Simak 2 Cara Membuat Alamat di Google Maps Lewat HP

Cara Membuat Alamat di Google Maps Lewat HP – Google Maps memudahkan orang untuk mencari, menemukan, dan membuat alamat. Alamat yang disimpan di Google Maps nantinya dapat digunakan untuk pengingat dan penanda. Untuk membuat alamat, ada cara membuat alamat di Google Maps lewat HP.

Saat ini ada dua cara yang dapat diikuti untuk membuat alamat di Google Maps. Google Maps dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi nya, dan juga melalui situs Google. Langsung saja, berikut dua cara membuat alamat Google Maps yang dianjurkan:

2 Cara Membuat Alamat di Google Maps Lewat HP

cara membuat alamat di google maps lewat hp
cara membuat alamat di google maps lewat hp

1. Dengan Aplikasi Google Maps di Android dan iPhone

Aplikasi Google Maps sudah ditambahkan dari pabrik pada smartphone beroperasi sistem Android. Bagi yang menggunakan iPhone, mungkin perlu mengunduh aplikasi Google Maps di App Store. Berikut cara membuat alamat di Google Maps lewat HP dengan aplikasi Google Maps:

Baca juga : Setting Kartu Smartfren

  • Mula-mula, buka aplikasi Google Maps pada smartphone Android atau iPhone.
  • Login akun Google yang dimiliki terlebih dahulu sebelum membuat alamat.
  • Pada halaman utama, pilih opsi Kontribusi pada kolom bawah layar, lalu pilih Edit Peta.
  • Pada halaman selanjutnya, pilih “Tambahkan tempat atau perbaiki infonya”, kemudian tekan Tambahkan Tempat.
  • Di halaman ini, isi informasi mengenai tempat seperti nama, kategori, dan alamat lokasi yang ingin ditambahkan.
  • Untuk menambahkan lokasi, pilih “Update lokasi di peta”, lalu letakkan pin pada daerah yang ingin ditambahkan alamatnya seakurat mungkin. Pilih OK untuk melanjutkan.
  • Jika alamat yang ditambahkan merupakan lokasi bisnis, maka silahkan untuk menambah Jam Buka, Telepon, dan lain sebagainya. Jika tidak, maka melewati tahap ini saja.
  • Terakhir, pilih opsi Kirim yang berbentuk ikon seperti pesawat kertas. Google akan memproses lokasi yang baru saja ditambahkan.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, alamat kini telah ditambahkan pada Google Maps untuk digunakan. Alamat dapat diubah dan diatur kembali melalui pengaturan sama seperti yang dijelaskan di atas.

2. Melalui Situs Google Maps Yang Diakses dari Browser Smartphone

Selain aplikasi, Google Maps juga berada di situs. Tidak hanya diakses melalui browser komputer saja, namun browser HP juga dapat mengakses. Hanya saja, cara ini tidak direkomendasikan untuk smartphone berspesifikasi rendah. Berikut cara membuat alamat di Google Maps lewat HP:

Baca juga : Cara Beli Booster Unlimited Tri

  • Langkah pertama, buka browser pada smartphone yang dimiliki, lalu kunjungi situs Google. Pastikan untuk menggunakan Situs Desktop agar sebagian opsi dapat muncul pada browser smartphone.
  • Pada halaman Google, perhatikan ikon titik sembilan disamping foto akun Google. Ketuk ikon tersebut lalu pilih opsi Maps.
  • Selanjutnya, tekan ikon tiga garis yang berada di pojok atas layar. Lalu pilih “Add a missing place
  • Selanjutnya, isi informasi lengkap mengenai alamat tersebut. Pastikan informasi benar agar Google dapat memverifikasi alamat yang ditambahkan.
  • Untuk mengatur posisi alamat, pilih “Edit Map Location”. Letakkan pin pada lokasi atau alamat yang ditambahkan seakurat mungkin.
  • Apabila alamat merupakan lokasi bisnis, maka tambahkan informasi terkait lainnya jika dibutuhkan. Jika tidak, melewati tahap ini.
  • Terakhir, tinggal pilih Kirim, dan tunggu hingga Google memberikan konfirmasi melalui email akun Google yang digunakan.
  • Lakukan konfirmasi sesegera mungkin. Jika merespon konfirmasi terlalu lama, maka alamat perlu ditambah lagi mulai dari tahap awal.

Perlu diperhatikan jika menggunakan browser smartphone, sebagian tulisan mungkin akan susah untuk ditekuk dan dilihat. Hal ini karena pada dasarnya situs Google Maps memang lebih dikhususkan untuk browser komputer. Karena itu, sebaiknya direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi Google Maps.

Sekian penjelasan mengenai cara membuat alamat di Google Maps lewat HP, baik dari aplikasi maupun browser. Alamat yang sudah dipasang, kini dapat dipakai atau dibagikan kepada orang lain yang membutuhkan. Tak heran jika Google Maps dianggap sebagai penanda lokasi terbaik.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Simak 2 Cara Membuat Alamat di Google Maps Lewat HP yang dipublish pada 19 September 2022 di website JatimPlus.id

Leave a Comment