Daftar Software VoIP Berbasis Open Source Terbaik

Software VoIP Berbasis Open Source – VoIP merupakan teknologi yang memudahkan pengguna dalam melakukan panggilan telepon melalui jaringan internet. Cara kerja software VoIP berbasis open source adalah mengubah suara menjadi sinyal digital. Sinyal lalu dikirim menggunakan Protokol TCP/IP ke internet. Berikut ini terdapat lima software VoIP terbaik di tahun 2022 yang berbasis open source:

5 Software VoIP Berbasis Open Source Terbaik

Asterisk

Asterisk
Asterisk

Pada dasarnya, Asterisk menjadi standar dalam sistem software VoIP. Software ini termasuk dalam platform PBX open source yang digunakan di seluruh dunia oleh berbagai kalangan bisnis, termasuk provider berbasis cloud. Melalui sistem open source, pengguna dapat mengubah komputer manapun menjadi server komunikasi yang lengkap.

Asterisk memiliki banyak fitur yang terus bertambah. Fitur yang tersedia termasuk fitur PBX umum, seperti pesan suara, IVR, rule-based call routing, distribusi panggilan otomatis dan konferensi. Pengguna dapat menerapkan dan memodifikasi platform Asterisk PBX secara gratis sesuai kebutuhan tanpa harus membayar biaya lisensi.

Elastix

Elastix
Elastix

Elastix secara orisinal didasarkan pada platform Asterisk. Platform ini merupakan paket software VoIP berbasis open source yang lengkap dan menawarkan solusi komunikasi terpadu. Solusi ini mencakup IP PBX yang dikombinasikan dengan fungsi faks, email, IM dan kolaborasi.

Baca juga : Cara Masuk Telegram di Laptop

Selain Asterisk, Elastix menggabungkan fungsi dari berbagai PBX open source, termasuk Openfirm dan HylaFAX. Melalui kombinasi tersebut, terdapat fitur-fitur canggih yang menyatu pada interface. Elastix juga menyertakan modul panggilan pusat yang dilengkapi dengan dialer prediktif untuk membantu jangkauan prospek bisnis yang lebih luas.

FreeSWITCH

FreeSWITCH
FreeSWITCH

Platform FreeSWITCH dibuat dengan fitur pengenalan suara dan modul sintesis oleh tiga developer yang bekerja di Asterisk. Komponen pada platform ini bersifat modular, artinya hanya bisa ditambahkan sesuai dengan keperluan untuk menjalankan sistem. Hal ini untuk membentuk stabilitas yang lebih baik dan membuat seluruh sistem lebih mudah digunakan.

Sebagai bentuk pemanfaatan kemajuan teknologi, FreeSWITCH mendukung seluruh teknologi komunikasi teratas, seperti SIP, H.323 dan WebRTC. Sistem komunikasi akan lebih mudah tergabung dengan aplikasi, sistem dan software pihak ketiga ketika dibangun menggunakan FreeSWITCH. Hal ini dapat dibandingkan dengan sistem PBX-OS lain.

Kamailio

Kamailio
Kamailio

Kamailio adalah salah satu platform paling aman yang menawarkan banyak metode autentikasi dan otorisasi. Metode ini sangat baik untuk bisnis yang menangani informasi pribadi secara teratur, seperti perusahaan medis atau perbankan. Selain platform yang sangat aman, Kamailio dilengkapi dengan beberapa fungsi yang sangat canggih.

Baca juga : Cara Daftar Zoom Berbayar

Fungsi pada platform ini termasuk penyeimbangan beban otomatis, kegagalan perutean dan perutean dengan biaya paling rendah. Namun operator canggih tersebut membuat sistem pada software VoIP berbasis open source ini lebih sulit diadopsi. Kesulitan adopsi dapat ditangani jika memiliki pengetahuan mendalam tentang sistem VoIP dan protokol SIP.

3CX

3CX
3CX

Platform 3CX mudah diatur dan dapat dijalankan di server Windows. Fitur yang ditawarkan dapat memudahkan pekerjaan dalam sistem telepon PSTN dan VoIP standar. Selain itu, 3CX tersedia untuk iOS, Android, Windows, Mac atau melalui softphone lain yang kompatibel dengan SIP pada sistem.

Fungsi konferensi video juga hadir dalam 3CX dengan memanfaatkan WebRTC. Platform ini memiliki fungsi “click to call” ke halaman web atau aplikasi seluler untuk mendukung integrasi dengan banyak sistem CRM. 3CX memiliki referensi online dan materi pelatihan untuk membantu memahami cara kerja setiap aspek pada sistem.

Itulah penjelasan dari lima software VoIP berbasis open source untuk memudahkan pengiriman pesan, perekaman dan transfer panggilan hingga video. Software VoIP dapat menghemat waktu dan biaya dalam hal maintenance dan komunikasi secara real-time. Sistem ini memiliki peran penting untuk bisnis yang sering membuat panggilan ke luar negeri.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Daftar Software VoIP Berbasis Open Source Terbaik yang dipublish pada 5 Agustus 2022 di website JatimPlus.id

Leave a Comment