Bisa Pakai ID Meeting Permanen, Inilah Cara Membuat ID Zoom Meeting

Cara Membuat ID Zoom Meeting – Kegiatan meeting online Zoom tentu sudah menjadi hal biasa di keseharian dalam rangka apapun. Mulai dari kegiatan belajar, les, kondangan virtual, hingga rapat perusahaan. Namun, pernahkah pembaca diharuskan membuat ruang meeting online sendiri? Coba cara membuat ID Zoom meeting yang akan diulas berikut ini untuk membuat ID yang permanen.

Tentang ID Meeting

ID meeting merupakan alamat meeting online berupa angka dengan 10 karakter. Pengguna memerlukan meeting ID beserta password untuk masuk ke meeting online. Meeting ID disiapkan oleh penyelenggara meeting online. Anggota atau partisipan dari acara meeting online hanya perlu memasukkan meeting ID dan passcode saja untuk bisa bergabung.

Namun, rupanya meeting ID terbagi menjadi 3 jenis. Pertama yakni meeting ID default yakni meeting ID yang menyesuaikan dengan PMI atau Personal Meeting ID. Setiap akun Zoom memiliki PMI nya masing-masing. Tentunya masing-masing PMI ini memiliki kombinasi yang berbeda dengan jumlah 10 digit angka. Berbeda lagi dengan jenis meeting ID kedua.

Meeting ID berikutnya ialah meeting ID kustom. Hanya pengguna dengan akun Pro yang dapat meng custom meeting ID ini. Tentunya masih dengan peraturan jumlah karakter 10 digit. Kombinasi angkanya bisa pengguna atur sendiri bahkan juga bisa menggunakan kombinasi angka cantik. Sementara, jenis meeting ID ketiga ialah acak.

Pengguna bisa menggunakan meeting ID acak atau random. Ini berarti Zoom yang akan menentukan kombinasi meeting ID dari meeting online pengguna. Kira-kira dari ketiga jenis tersebut mana yang akan pembaca gunakan? Ketahui cara membuat ID Zoom meeting di ulasan selanjutnya.

Baca juga : Aplikasi Pemutar Video Telegram

Cara Buat ID Zoom Meeting

Sebab terdapat 3 jenis meeting ID, cara membuat ID Zoom meeting juga ada 3. Pengguna dapat memilih salah satu cara berikut yang sesuai dengan pilihan meeting ID yang sudah ditentukan. Berikut penjelasannya:

1. Cara Buat ID Zoom Meeting Sesuai PMI

Sebenarnya untuk cara membuat ID Zoom meeting yang sesuai PMI bisa secara otomatis. Ini dikarenakan setiap pengguna baru yang mendaftar akan mendapatkan ID meeting nya yang tetap dan tidak bisa diubah selama pengguna masih menggunakan versi gratis. Namun, dalam beberapa kasus pengguna perlu melakukan setting ulang. Berikut langkah-langkahnya:

  • Awali dengan masuk ke aplikasi Zoom di perangkat.
  • Lanjutkan dengan melakukan login akun Zoom yang akan digunakan untuk membuat ruangan meeting online.
  • Jika sudah, tekan tombol Schedule.
  • Pengguna akan langsung diarahkan ke pembuatan ruang meeting online Di bagian Meeting ID akan terdapat 2 pilihan. Pertama Generate Automatically dan yang kedua Personal Meeting ID.
  • Nyalakan power button pada opsi Personal Meeting ID.
  • Kemudian lanjutkan dengan mengatur ketentuan ruang meeting online yang akan diadakan. Jika sudah, tekan Save untuk menyimpan.

Baca juga : Software Web Design

2. Cara Buat ID Zoom Meeting Custom

Cara kedua untuk membuat ID Zoom ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna akun Pro. Adapun langkah-langkah selengkapnya sebagai berikut ini:

  • Masuk ke akun Zoom pro pada aplikasi Zoom.
  • Lalu pada tombol New Meeting di halaman utama, tekan ikon panah ke bawah yang terdapat di keterangan tombol ini.
  • Selanjutnya arahkan kursor ke kanan untuk membuka opsi lainnya.
  • Pilih PMI Settings.
  • Kemudian, pengguna akan masuk ke halaman pengaturan ID Zoom. Buat ID baru dengan kombinasi angka sesuai keinginan pengguna.
  • Jika sudah, tekan tombol Save untuk menyimpan.

3. Cara Buat ID Zoom Meeting Acak

Terakhir, cara ini dapat dilakukan jika pengguna tidak ingin memakai PMI untuk alamat meeting online. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Masuk ke akun Zoom di aplikasi.
  • Kemudian, lanjutkan dengan menekan tombol Schedule.
  • Pengguna akan langsung diarahkan ke pembuatan ruang meeting online terjadwal seperti di cara membuat meeting ID dengan PMI.
  • Nyalakan power button pada opsi Generate Automatically.
  • Kemudian lanjutkan dengan mengatur ketentuan ruang meeting online Setelah selesai, tekan tombol Save untuk menyimpan.

Itulah cara membuat ID Zoom meeting yang perlu pembaca ketahui. Buat ID meeting lebih menarik dengan cara di atas sekarang juga. Jangan lupa simpan ID dan bagikan ke peserta meeting lainnya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar