Coba Cara Membuat PDF di Telegram, Yuk! Tidak Perlu Ribet Buka Laptop Lagi!

Cara membuat PDF di Telegram sangatlah mudah dan dapat membantu banyak orang saat ini. Contohnya pengumpulan tugas yang tadinya secara konvensional dengan mengumpulkan buku, sekarang buku tersebut harus di foto dan dijadikan PDF. Pendaftaran-pendaftaran online pun biasanya juga meminta file lampiran dalam bentuk PDF.

Telegram memiliki banyak bot-bot yang bisa membantu mengubah file teks maupun gambar menjadi PDF. Boot ini akan sangat berguna khususnya untuk pelajar yang sering diminta mengumpulkan tugas berbentuk PDF. Sekarang membuat PDF tidak perlu repot menggunakan laptop, melainkan bisa hanya melalui smartphone. Perhatikan penjelasan di bawah ini untuk bisa membuat PDF di Telegram!

Bot Telegram Pembuat PDF

Beberapa daftar bot Telegram berikut akan sangat berguna untuk membantu membuat file PDF dengan mudah. Salah satu cara membuat PDF di Telegram adalah menggunakan bot “Office2PDF”. Boot ini sangat direkomendasikan untuk digunakan. Berbagai jenis file mulai dari gambar, teks, DOC, PPT, hingga XLS bisa diubah menjadi PDF dengan boot ini.

Selain Office2PDF, terdapat pula bot “Txt2PDF” yang bisa digunakan untuk merubah teks menjadi PDF. Sesuai dengan namanya, boot ini hanya bisa digunakan untuk membuat PDF dari teks saja. Sedangkan bot yang bisa digunakan untuk membuat PDF dari gambar adalah “HK_imgtopdf_BOT”.

Baca juga : Cara Membuat Zoom Meeting Unlimited

Cara Membuat PDF di Telegram

PDF bisa dibuat melalui bot yang telah banyak dibangun di Telegram. Boot ini bisa ditemukan melalui fitur pencarian di Telegram. Caranya cukup dengan memasukkan kata kunci nama bot yang dibutuhkan. Pada panduan singkat di bawah ini, akan dijelaskan cara untuk membuat PDF dengan bot “office2pdf”. Simak baik-baik, yuk!

1. Buat PDF dari File

File yang bisa diubah ke dalam bentuk PDF dengan bot “Office2PDF” adalah file dengan format DOC, PPT, XLS, dan TXT. Langkah pertamanya adalah cari bot dengan mengetikan kata kunci “Office2PDF” pada pencarian. Setelah ditemukan, buka bot dan proses pembuatan PDF bisa mulai dilakukan.

Ketikkan “/start” untuk memulai bot. Kirimkan file yang ingin diubah menjadi PDF. Setelah file terkirim, ketikkan command “/ready 2conv”. Bot akan menanyakan apakah ingin menamai file tersebut. Pilih Yes atau No sesuai kebutuhan. Jika memilih Yes, masukkan nama file dan proses akan dimulai. Hanya dalam hitungan detik, file PDF akan sudah siap dan bisa diunduh.

Baca juga : Cara Cek Power Supply PC dengan Software

2. Ubah Teks Menjadi PDF

Pesan teks juga bisa diubah menjadi PDF melalui Telegram di bot Office2PDF. Caranya sangatlah mudah. Pertama, buka bot tersebut. Setelah membuka bot tersebut, tentukan teks yang ingin diubah menjadi PDF dan kirimkan. Kemudian masukan command “/ready 2conv”.

Sebelum memulai mengubah file ke PDF, bot akan bertanya apakah ingin memberi nama file yang akan dibuat. Pilih Yes jika ingin menamai file tersebut. Lalu pilih No jika tidak ingin menemuinya dan file akan diberi nama secara otomatis oleh bot. Setelah itu, file akan mulai diubah ke PDF. Tunggu hingga proses selesai.

3. Buat PDF dari Gambar

Office2PDF juga bisa digunakan untuk merubah gambar menjadi file PDF. Alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengubah gambar menjadi PDF adalah bot HK_imgtopdf BOT. Pada Office2PDF, caranya hampir sama dengan pembuatan PDF dari teks dan file. Cukup kirimkan gambar yang ingin berubah dan mulai convert dengan command “/ready 2conv”. Ikuti beberapa step selanjutnya dan file PDF akan langsung jadi.

Cara membuat PDF di Telegram sangat mudah dan efisien, bukan?. Sekarang membuat PDF tidak perlu repot menggunakan laptop atau mencari pembuat PDF online di internet. Cukup buka Telegram dan semua masalah selesai. Prosesnya pun cepat dan mudah dilakukan Selain itu, Telegram juga mempunyai banyak bot lain yang tak kalah bergunanya. Menarik, bukan?

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar