Begini Cara Setting Router Lewat HP Yang Terbukti Berhasil

Cara Setting Router Lewat HP – Sebelum menggunakan router, pada umumnya router akan diatur terlebih dahulu. Untuk mengaturnya, kini hanya memerlukan aplikasi ringan yang dapat diunduh pada smartphone. Bagi yang ingin mengetahui bagaimana, ulasan ini akan menjelaskan cara setting router lewat HP.

Aplikasi yang akan digunakan untuk mengatur setting pada router adalah TP-Link Tether. Dibuat oleh perusahaan TP-Link, aplikasi ini diharapkan akan membantu pemilik router untuk dapat mengatur tanpa kesusahan. Berikut penjelasan mengenai aplikasi ini:

Mengenal Aplikasi TP-Link Tether Yang Akan Mengatur Router

Aplikasi TP-Link Tether adalah aplikasi untuk mengelola perangkat-perangkat internet seperti router, langsung melalui smartphone saja. Aplikasi ini dirancang dengan tampilan user interface yang simpel, agar siapa saja dapat mengatur dan mengelola perangkat dengan mudah.

Baca juga : Software Server Pulsa

Selain sebagai pengaturan, TP-Link Tether juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk memblokir orang yang mengakses perangkat, mematikan LEDs, dan fitur parental control. Dengan ukurannya yang ringan, aplikasi ini mendapat ulasan yang baik dan telah diunduh 10 juta kali.

Cara Menyetel Router Lewat HP Dengan Aplikasi

Setelah mengenal praktisnya aplikasi TP-Link Tether, kini waktunya untuk memahami bagaimana cara mengatur router dengan aplikasi tersebut. Cara menyetelnya hanya membutuhkan beberapa tahap dan tidak membutuhkan waktu lama. Berikut cara setting router lewat HP dengan aplikasi TP-Link Tether:

  • Download dan install aplikasi TP-Link Tether yang tersedia pada Play Store. Bagi yang memiliki iPhone, aplikasi juga tersedia di App Store.
  • Setelah itu, hidupkan router, lalu hubungkan koneksi smartphone dengan router tersebut.
  • Jalankan aplikasi TP-Link Tether, dan lakukan login dengan email dan password akun TP-Link. Jika belum punya, segera lakukan sign up berikut dengan verifikasi akun TP-Link yang baru dibuat.
  • Setelah login dan masuk ke Dashboard, pilih gambar router pada bawah kolom Local Device.
  • Selanjutnya, masukkan username dan password yang sudah tertera pada router. Biasanya secara default, username dan password adalah “admin”.
  • Setelah itu, masuk ke Quick Setup, lalu pilih nama WiFi TP-Link yang dimiliki.
  • Bila diperlukan, klik opsi Wireless jika ingin mengubah username dan password Wi-Fi yang baru.
  • Terakhir, klik Save agar setelan pada router dapat tersimpan. Router mungkin akan membutuhkan restart kembali pengaturan dapat berfungsi.

Baca juga : Cara Mengunci Telegram

Apakah Bisa Menyetel Router Dengan HP Tanpa Aplikasi?

Sayangnya, tidak semua router dapat terdeteksi dengan baik. Apabila ada gangguan pada router, maka ada cara setting router lewat HP lain yang dapat dilakukan yaitu dengan browser smartphone. Berikut langkah-langkah menyetel router melalui HP berikutnya:

  • Mula-mula, hidupkan router terlebih dahulu dengan memasangkan kabel power pada sambungan listrik. Pastikan jack nya sudah terpasang di bagian belakang router.
  • Sambungkan kabel Wireless Access Network, Ethernet, dan LAN pada tempat colokan yang disediakan.
  • Selanjutnya, sambungkan koneksi smartphone ke router. Buka browser lalu masuk alamat berupa nomor IP address yang sesuai dengan router tersebut. Untuk tampilan yang lebih nyaman, gunakan opsi Situs Desktop pada browser.
  • Pada halaman tersebut, login dengan menggunakan username dan password yang biasanya dicantumkan pada router.
  • Pada opsi Quick Setup, pilih opsi Wireless Router lalu pilih Next.
  • Pilih jenis koneksi antara Dynamic IP atau Static IP tergantung dari pengaturan router.
  • Pada opsi selanjutnya, pilih “No, I do not need MAC Address”. MAC yang dimaksud di sini adalah Media Access Control.
  • Selanjutnya, beri nama jaringan baru beserta password yang akan digunakan.
  • Klik Save, dan biarkan router melakukan restart

Demikian penjelasan mengenai cara setting router lewat HP, baik dari aplikasi TP-Link Tether dan cara lainnya. Setelah disetel dengan baik, jaringan internet dapat kembali digunakan untuk keperluan aktivitas di rumah. Namun sebelum itu, pastikan sinyal memang dalam kondisi yang lancar.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Begini Cara Setting Router Lewat HP Yang Terbukti Berhasil yang dipublish pada 24 Juli 2022 di website JatimPlus.id

Leave a Comment