Kenali 5 Penyebab Wifi Lemot di HP yang Wajib Diketahui

Penyebab Wifi Lemot di HP – Koneksi internet memang dapat diperoleh dari jaringan WiFi yang terhubung ke HP yang dimiliki. Namun terkadang koneksi dari jaringan tersebut lemot saat dihubungkan ke perangkat sehingga membuat pengguna kesal. Olehnya itu, penyebab WiFi lemot di HP perlu diketahui oleh pengguna.

Banyak hal yang dapat menjadi faktor atau penyebab sehingga jaringan tersebut lemot saat disambungkan ke perangkat HP. Bisa saja penyebabnya karena jaringan WiFi tersebut digunakan oleh banyak orang atau adanya gangguan pada provider. Untuk mengetahui penyebabnya secara lengkap, simak ulasan berikut:

5 Penyebab Wifi Lemot di HP yang Wajib Diketahui

penyebab wifi lemot di hp
penyebab wifi lemot di hp

1. Jaringan Digunakan Banyak Orang

Faktor ini memang kerap kali terjadi sehingga jaringan tersebut tidak dapat digunakan dengan stabil. Meskipun sinyal yang dimiliki oleh jaringan ini full namun tetap lemot jika banyak orang yang menggunakannya.

Maka dari itu, pengguna bisa mengatasi hal seperti ini dengan mudah yakni membatasi pengguna.Maksudnya, pemilik jaringan WiFi bisa menentukan batas pengguna yang dapat menggunakan jaringan tersebut.

Misalnya saja, pemilik hanya membatasi 5 orang sehingga jaringan WiFi hanya boleh disambungkan ke 5 perangkat saja. Dengan begitu, WiFi dapat digunakan tanpa mengalami kendala lemot.

2. Router Berdekatan Dengan Benda Khusus

Perlu diketahui, router merupakan barang atau benda yang mempunyai peran yang sangat penting untuk kelancaran jaringan WiFi. Lemotnya jaringan WiFi yang dimiliki dapat disebabkan karena router tersebut disimpan berdekatan dengan benda khusus.

Baca juga : Ekstrak RAR Online

Benda ini seperti besi, logam, antena TV, dan sebagainya. Sangat disarankan untuk menjauhkan router dari benda-benda tersebut agar jaringan WiFi tetap lancar saat digunakan.

Selain itu, letakkan router pada posisi yang tidak terbatas oleh tembok rumah. Karena hal ini juga dapat memperlambat penggunaan WiFi sebab perangkat HP sulit menangkap jaringan.

3. Provider Mengalami Gangguan

Ada juga penyebab WiFi lemot di HP lainnya yang perlu diketahui yakni pihak provider mengalami gangguan. Secara otomatis, jaringan WiFi yang terhubung di perangkat HP tidak dapat digunakan dengan baik.

Memang masalah ini diluar kuasa dari pelanggan dan harus diperbaiki langsung oleh pihak provider.Hal yang menyebab sehingga penyedia jaringan mengalami gangguan karena adanya tower yang rusak atau terbakar.

Selain itu, tower terputus sehingga pelanggan tidak dapat mengakses jaringan WiFi yang dimiliki. Dengan begitu, pelanggan harus menunggu hingga gangguan tersebut selesai diatasi oleh provider.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Adsense YouTube

4. Cache yang Ada di Perangkat HP

Siapa sangka jika menumpuknya cache yang terdapat pada HP bisa menjadi penyebab jaringan WiFi lemot. Chace ini diartikan sebagai tempat penyimpanan sementara mengenai informasi sebuah aplikasi yang pernah dibuka oleh pengguna.

Meskipun dijadikan sebagai tempat penyimpanan sementar, namun dapat mempengaruhi kelancaran jaringan internet yang terhubung. Olehnya itu, pengguna harus menghapus cache tersebut terlebih dahulu sebelum menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi.

5. Posisi Router Terlalu Rendah

Penyebab yang terakhir ini terkadang tidak disadari oleh pengguna. Biasanya pengguna hanya memikirkan untuk menyimpan router di tempat yang tidak terbatas oleh tembok namun melupakan posisi router. Apabila posisinya terlalu rendah maka cukup sulit untuk menangkap jaringan.

Akibatnya, penggunaan WiFi di perangkat bisa lemot meskipun sinyalnya full. Olehnya itu, posisikan router di tempat yang tinggi tidak bisa menembus bahan konstruksi. Jika sudah, pengguna bisa mencoba menghubungkan kembali jaringan WiFi yang dimiliki ke perangkat HP.

Itulah penjelasan terkait dengan penyebab WiFi lemot di HP saat digunakan oleh pengguna. Dengan lemotnya jaringan WiFi tersebut tentu sangat mengganggu aktivitas internet yang dilakukan. Olehnya itu, cara mengatasinya sangat patut untuk diperhatikan agar jaringan WiFi kembali stabil.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kenali 5 Penyebab Wifi Lemot di HP yang Wajib Diketahui yang dipublish pada 12 September 2022 di website JatimPlus.id

Leave a Comment