5 Cara Mempercepat Koneksi Jaringan Internet Smartfren 4G Paling Gampang

Cara Mempercepat Koneksi Jaringan Internet Smartfren 4G – Selain terkenal dengan kecepatan internetnya, Smartfren juga menjadi salah satu provider yang menawarkan harga murah. Meski terkenal dengan kualitas jaringan kuat bukan berarti tanpa masalah. Banyak orang yang ingin mengetahui cara mempercepat koneksi internet Smartfren 4G agar kembali normal dan lancar.

Alasannya, seringkali jaringan Smartfren mengalami gangguan atau memang cukup jauh dari jangkauan tower. Sinyal yang lemah dapat membuat akses internet menjadi lambat. Tak sedikit yang menjadi kesal karena menunggu lama, sedangkan pekerjaan menumpuk.

Sebenarnya bukan tanpa alasan banyak pengguna memilih provider ini. Harga paket data murah yang ditawarkan dengan kualitas internet kuat tentulah sangat menarik. Apabila ingin mempercepat kualitas jaringan Smartfren, pengguna bisa mengikuti tips berikut:

5 Cara Mempercepat Koneksi Jaringan Internet Smartfren 4G Paling Gampang

cara mempercepat koneksi internet smartfren 4g
cara mempercepat koneksi internet smartfren 4g

1. Ubah Pengaturan APN

Cara mempercepat koneksi internet Smartfren 4G bisa dicoba yaitu dengan mengubah pengaturan APN Smartfren 4G. Mengubah disini bukan mengganti secara keseluruhan, tetapi menambahkan angka baru di belakang angka Access Point Names di belakang yang sudah ada.

Baca juga : Cara Top Up DANA Pakai Pulsa Indosat

Langkah melakukan setting APN bisa diikuti pada petunjuk di bawah. Ikuti secara urut agar berhasil:

  • Masuk ke aplikasi pengaturan bawaan perangkat baik di IOS atau Android.
  • Silahkan tekan pilihan menu ‘Jaringan dan Internet’.
  • Kemudian pilih ‘Smartfren’.
  • Selanjutnya tekan tombol ‘Tambah’ di atas kanan pojok layar bar.
  • Lalu, tambahkan APN dengan mengisi seluruh kolom sampai selesai.

Jika pengguna membutuhkan acuan angka, silahkan cari di beberapa informasi khusus. Biasanya akan diberikan seluruh data lengkap yang bisa ditiru untuk dimasukkan.

2. Beli Paket Booster Unlimited

Smartfren memang menawarkan paket internet unlimited dengan harga yang sangat terjangkau. Meskipun bisa digunakan selama 28 hari tanpa batasan pemakaian. Sebenarnya setiap paket unlimited tetap memberlakukan FUP. Dimana paket tanpa batas tersebut aslinya tetap mempunyai kuota pemakaian.

Apabila penggunaan kuota wajar tersebut sudah habis, maka kecepatan internetnya yang dikurangi. Karena pengguna akan terus bisa mengakses internet sampai masa yang sudah ditentukan.

Oleh karena itu, setiap provider yang menyediakan kuota unlimited pasti menawarkan paket booster. Gunanya hanya untuk mempercepat akses internet saja. Jadi, setiap kali kecepatan internet unlimited Smartfren berkurang, silahkan beli paket tambahan.

Baca juga : Cara Pesan Nomor di Grapari Telkomsel

3. Ubah Pengaturan Jaringan ke 4G

Penggunaan jaringan internet bisa diatur modenya sesuai keinginan. Hal ini bertujuan untuk menghemat pemakaian. Namun, tentu saja akan memperlambat akses internet yang digunakan.

Apalagi jika pengguna mempunyai dua kartu SIM. Setiap kali mengubah provider data seluler, maka mode jaringan akan tetap sama seperti semula. Karenanya harus diubah setelah memilih provider untuk kuota internet. Langkahnya yaitu,

  • Masuk ke pengaturan perangkat.
  • Pilih ‘Koneksi’, melalui ‘Jaringan seluler’.
  • Jika sudah, tekan salah satu SIM yang digunakan untuk kuota internet.
  • Biasanya langsung muncul pilihan mode jaringan.
  • Pilih ‘LTE dan 4G’ agar jaringannya lebih kuat.
  • Tekan kembali, kemudian periksa kecepatannya.

4. Aktifkan Mode Pesawat

Tanpa pengguna sadari, mengaktifkan mode pesawat bisa untuk mempercepat jaringan provider. Ini berlaku untuk semua jaringan internet apapun baik di PC atau di ponsel. Penasaran? Silahkan dicoba.

5. Gunakan Aplikasi Tambahan

Ada beberapa aplikasi yang diciptakan untuk membantu kecepatan internet. Salah satunya aplikasi penguat sinyal yang bisa didownload melalui Play Store. Fiturnya cukup lengkap dan tersedia secara gratis. Paling penting, aplikasi ini dapat diandalkan untuk menjaga kestabilan internet pengguna.

Itulah 5 cara mempercepat koneksi internet Smartfren 4G termudah. Setiap kali pengguna mengalami masalah pada jaringan, cobalah untuk melakukan beberapa tips di atas.

Apabila masih belum berhasil, mungkin pengguna harus membeli alat khusus untuk membantu menguatkan sinyal di daerah tempat tinggal. Pasalnya, jaringan provider satu ini masih susah ditemukan kecuali kota besar.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 5 Cara Mempercepat Koneksi Jaringan Internet Smartfren 4G Paling Gampang yang dipublish pada 13 Agustus 2022 di website JatimPlus.id

Leave a Comment