Beginilah 5 Cara Cek Kartu Indosat Sudah 4G atau Belum, 100% Praktis

Cara Cek Kartu Indosat Sudah 4G atau Belum – Keberadaan jaringan 4G yang menggantikan jaringan 3G juga semakin familiar, karena kebutuhan internet atau koneksi cepat. Untuk pelanggan Indosat, terdapat cara cek kartu Indosat sudah 4G atau belum dengan cepat dan mudah. Hal tersebut karena perkembangan layanan yang baik demi pelanggan.

Maka dari itu, jika masyarakat ingin mendapatkan akses tercepat dengan layanan 4G, cukup mengecek kartu provider yang dimiliki. Bagi pelanggan Indosat, untuk mengecek kartu Indosat sudah berstatus 4G atau masih 3G, pengguna cukup melakukannya dengan 5 cara berikut ini:

5 Cara Cek Kartu Indosat Sudah 4G atau Belum, 100% Praktis

cara cek kartu indosat sudah 4g atau belum
cara cek kartu indosat sudah 4g atau belum

1. Mengecek Pada Jenis Kartu yang Dibeli

Hal pertama yang dapat dilakukan oleh pengguna operator Indosat untuk mengecek jenis kartu apakah sudah 4G adalah dengan memeriksa kartu fisik yang dibeli. Sebelum pengguna membeli kartu provider baru, tentu di depan kemasan terdapat informasi mengenai berbagai hal termasuk jenis kartu.

Misal, informasi seperti promo kuota internet, pulsa, jenis kartu dan sebagainya. Maka dari itu, cara cek kartu Indosat sudah 4G atau belum adalah dengan mengecek depan kemasan kartu provider yang dibeli. Agar hal ini dapat berjalan baik, pengguna dapat bertanya langsung kepada penjual.

2. Menggunakan Aplikasi MyIM3

Indosat memiliki aplikasi tersendiri untuk dapat membantu penggunanya, yaitu MyIM3. Penggunaan aplikasi ini sangat fungsional, termasuk untuk dimanfaatkan sebagai cara memeriksa jenis kartu 4G. Aplikasi MyIM3 dapat digunakan untuk jenis perangkat HP apapun.

Baca juga : Cara Menyimpan Lagu dari TikTok ke Musik

Pada dasarnya, menggunakan aplikasi MyIM3 menjadi cara cukup efektif dan cepat untuk memeriksa jenis kartu yang digunakan pengguna. Untuk informasi lengkapnya, pengguna dapat mengikuti panduan langkah berikut ini:

  • Download dan install aplikasi “myIM3” pada perangkat HP pengguna.
  • Buka aplikasi tersebut dengan mendaftarkan nomor Indosat pengguna.
  • Lengkapi profil data diri.
  • Pilih menu “Lainnya” yang berada pada bagian kiri bawah layar HP pengguna.
  • Klik opsi “Cek Dukungan VoLTE”.
  • Terdapat informasi yang berisi bahwa kartu SIM pengguna sudah mendukung jaringan 4G.

3. Menggunakan Kode USSD

Menggunakan kode USSD menjadi cara mengecek kartu Indosat paling praktis dan efisien. Pengguna tidak perlu waktu lama untuk dapat mengakses cara ini. Menggunakan kode USSD juga dapat bermanfaat untuk mengubah jaringan dari 3G ke 4G.

Namun, hal tersebut ada yang harus diperhatikan, yaitu jenis kartu Indosat pengguna yang harus sudah 4G. Maka dari itu, berikut panduan langkah menggunakan kode USSD untuk mengecek jenis kartu yang dapat dilakukan pengguna:

  • Masuk ke fitur dial phone pada perangkat HP pengguna.
  • Ketika nomor *#*#4636*#*#
  • Pilih opsi “Kartu SIM”.
  • Lalu, pilih jaringan “LTE Only”.

Baca juga : Nomor Smartfren Diblokir Karena Tidak Isi Pulsa

4. Menggunakan Fitur Pengaturan Di Perangkat HP

Selanjutnya, cara cek kartu Indosat sudah 4G atau belum adalah dengan menggunakan fitur “Pengaturan” atau “Settings” yang tersedia di perangkat HP pengguna. Untuk dapat mengaksesnya, pengguna dapat memilih opsi “Data Seluler” atau “Celluller” dan pastikan jenis kartu yang ditampilkan adalah LTE.

Menggunakan fitur pengaturan juga dapat menjadi informasi pengguna apabila jenis kartu belum terupgrade. Jika status kartu Indosat masih 3G, maka pengguna dapat menggantinya dengan jenis kartu 4G. Hal tersebut agar bertujuan untuk dapat mengakses internet atau jaringan sinyal yang lebih cepat.

5. Mengunjungi Kantor Cabang Indosat

Cara terakhir yang dapat pengguna gunakan untuk mengecek jenis kartu Indosat adalah mendatangi kantor cabang Indosat. Cara ini mungkin agak merepotkan, karena pengguna harus data ke tempat langsung. Namun, apabila pengguna menggunakan cara ini akan lebih efektif dan cepat.

Hal tersebut karena pengguna akan langsung dilayani oleh customer service serta dijelaskan mengenai berbagai macam informasi tentang kartu 4G. Maka dari itu, pengguna dapat mengunjungi kantor cabang Indosat terdekat untuk menggali berbagai informasi tentang kartu Indosat 4G.

Itulah 5 cara cek kartu Indosat sudah 4G atau belum yang praktis dan mudah. Keuntungan memakai jenis kartu 4G sangat banyak, maka dari itu pengguna provider Indosat disarankan untuk mengubah jenis kartu dari 3G ke 4G agar dapat mengakses internet dan berbagai hal dengan cepat.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Beginilah 5 Cara Cek Kartu Indosat Sudah 4G atau Belum, 100% Praktis yang dipublish pada 13 Agustus 2022 di website JatimPlus.id

Leave a Comment