Nomor Smartfren Diblokir Karena Tidak Isi Pulsa, Apa Solusinya?

Nomor Smartfren Diblokir Karena Tidak Isi Pulsa – Bila nomor Smartfren diblokir karena tidak isi pulsa, jangan khawatir masih ada solusi untuk mengembalikan nomor tersebut. Kejadian ini sering terjadi pada beberapa orang yang hanya menggunakan nomor Smartfren untuk paket internet saja.

Karena nomor Smartfren hanya dipakai untuk mengaktifkan paket internet, maka banyak yang sering lupa untuk mengisi ulang pulsanya sehingga akhirnya nomor tersebut diblokir. Simak penjelasan bagaimana cara mengatasi hal tersebut di bawah ini:

Penyebab Kartu Smartfren Diblokir

nomor smartfren diblokir karena tidak isi pulsa
nomor smartfren diblokir karena tidak isi pulsa

Ada beberapa hal yang menyebabkan kartu Smartfren diblokir oleh penyedia layanan. Faktor penyebab ini harus benar-benar dipahami agar menemukan solusi yang tepat atas masalah tersebut. Faktor penyebab nomor bisa diblokir yaitu:

  • Diblokir atas permintaan pengguna kartu. Umumnya hal ini terjadi akibat HP pengguna hilang dan khawatir jika kartu didalamnya disalahgunakan sehingga mengajukan pemblokiran.
  • Diblokir karena melakukan registrasi menggunakan nomor identitas fiktif. Hal ini sudah tidak dapat dilakukan lagi dan jika empat kali melakukan hal yang sama maka kartu akan diblokir.
  • Selanjutnya diblokir akibat belum melakukan pembayaran, ini berlaku hanya untuk kartu Pasca Bayar.
  • Diblokir akibat masa aktif sudah hangus, umumnya terjadi karena lupa mengisi pulsa untuk memperpanjang masa aktif.

Solusi untuk nomor Smartfren diblokir karena tidak isi pulsa akan dibahas dalam ulasan di bawah ini.

Baca juga : Cara Mempercepat Koneksi Jaringan Internet Smartfren 4G

Kapan Pihak Provider Akan Memblokir Kartu Smartfren?

Sebenarnya pihak Smartfren tidak serta merta melakukan pemblokiran terhadap kartu yang tidak diisi pulsa. Provider selalu mengirimkan notifikasi yang umumnya tidak dihiraukan bahkan tidak dibaca oleh pemilik nomor. Berikut alur sebelum nomor benar-benar diblokir:

  • Kartu yang baru dibeli baru akan memiliki masa aktif setelah kartu tersebut diaktifkan oleh penggunanya.
  • Setelah diaktifkan maka kartu akan memiliki masa aktif, masa tenggang dan masa aging atau Hangus.
  • Masa aging adalah masa dimana pemilik nomor masih memiliki kesempatan untuk mengaktifkan kembali nomornya walaupun sudah hangus.
  • Masa aktif nomor Smartfren akan selalu bertambah setiap kali pemiliknya melakukan isi ulang pulsa.
  • Jika pemilik terlupa mengisi pulsa maka kartu akan segera memasuki masa tenggangnya.
  • Setelah 30 hari dan masih belum diperpanjang masa aktifnya, maka kartu akan memasuki masa aging. Pada masa ini pemilik akan menyadari bahwa kartunya sudah hangus dan diblokir.
  • Saat memasuki masa aging, kartu sudah tidak bisa digunakan. Smartfren akan memberikan toleransi yaitu pada masa ini boleh mengaktifkan kembali kartunya tetapi beralih ke mode Pascabayar.
  • Masa aging ini berlangsung selama 48 hari. Jika sudah melewati masa 48 hari maka nomor yang hangus sudah tidak bisa diselamatkan lagi.
  • Setelah melalui masa aging, maka kartu akan memasuki fase ready For Recycle atau siap untuk didaur ulang.

Solusi Jika Nomor Smartfren Diblokir Akibat Lupa Isi Pulsa

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada solusi untuk mengatasi nomor Smartfren diblokir karena tidak isi pulsa. Pada saat kartu memasuki masa aging selama 48 hari, pemilik dapat mengajukan agar nomor kembali diaktifkan.  Sebelumnya siapkan beberapa dokumen terlebih dahulu yaitu:

Baca juga : Cara Top Up DANA Pakai Pulsa Indosat

  • KTP atau Kartu Pelajar. Bisa juga menggunakan SIM dan identitas lainnya.
  • Kartu Keluarga (KK).
  • Uang untuk berjaga-jaga jika ada biaya yang timbul.

Setelah semua dokumen disiapkan maka pemilik nomor dapat mendatangi gerai Smartfren terdekat kemudian mengajukan untuk mengaktifkan nomor yang diblokir. Caranya sangat mudah yaitu:

  • Ambil antrian di Customer Service dan tunggu hingga dipanggil oleh petugas. Di meja CS ajukan keluhan mengenai nomor yang sudah diblokir dan sebutkan alasannya.
  • CS akan memberikan opsi untuk migrasi dari prabayar ke pascabayar agar nomor kembali aktif.
  • Kemudian CS akan segera melayani keluhan dan membuka blokir.
  • CS akan memberikan chip berisi nomor kartu lama yang diblokir.

Dalam waktu yang singkat, masalah nomor Smartfren diblokir karena tidak isi pulsa sudah terselesaikan dengan baik. Pemilik dapat kembali menggunakan nomor tersebut dan tidak usah khawatir lupa isi pulsa karena sudah migrasi ke kartu Pasca Bayar.

Avatar photo
Jatim Plus

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Nomor Smartfren Diblokir Karena Tidak Isi Pulsa, Apa Solusinya? yang dipublish pada 14 Agustus 2022 di website JatimPlus.id

2 Comments

  1. Tomat
    25 Agustus 2022

    Kasus sama krn lupa isi pulsa akhirnya tdk bs telpon/ sebaliknya dikarenakan “kartu diblokir atas permintaan pelanggan”, pdhl sy tdk pernah minta nomer sendiri diblokir, setelah mengunjungi gerai smartfren cs bilang kartu sy msh bs aktif asal isi pulsa, akhirnya sy belikan pulsa dgn paket, setelah diyakinkan sy pulang tapi nomer sy wkt ditelpon masih tfk dpt digunakan utk tlp/menerima tlp. Sdh sy coba nyalakan ulang hp ttp tidak bs, coba nyalakan mode pesawat kemudian matikan modenya jg tetep gk bs, ribet amat ini

    • Avatar photo
      Jatim Plus
      29 Agustus 2022

      Apakah kartunya masih tidak bisa di gunakan mas?

Leave a Comment